Tim SAR Evakuasi Dua Remaja yang Tewas di Danau Ciburial

Tim SAR Evakuasi Dua Remaja yang Tewas di Danau Ciburial

Petugas saat mengevakuasi korban tenggelam di Situ Ciburial, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (28/6)-- ANTARA/HO-BPBD Garut

RADAR JABAR - Tim Search and Rescue (SAR) gabungan berhasil mengevakuasi dua remaja yang meninggal akibat tenggelam di danau Situ Ciburial, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada hari Jumat (28/6).

Aah Anwar Saefuloh, selaku Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, mengonfirmasi bahwa dua anak, yaitu Rizki Julian Pratama (14) dari Desa Rancabango dan Fajar (14) dari Desa Sukajadi, Kecamatan Tarogong Kaler, yang sebelumnya dilaporkan hilang, ditemukan tewas tenggelam di Situ Ciburial.

"Telah ditemukan dua orang mayat anak laki-laki dalam kondisi tenggelam yang dilaporkan hilang sebelumnya di area TKP Situ Ciburial," ujar Aah.

BACA JUGA:Bupati Bandung Ajak Anak-anak TK, SD, SMP, SLTA Untuk Melaksanakan Magrib Mengaji

Ia menjelaskan bahwa menurut keterangan dari beberapa saksi, kedua anak tersebut berenang di Situ Ciburial sekitar pukul 11.30 WIB. Orang tua korban kemudian mencari anak-anak mereka yang tidak kunjung pulang ke rumah.

Selama pencarian, pakaian korban ditemukan di tepi danau, yang kemudian menimbulkan dugaan bahwa kedua anak tersebut tenggelam. Tim SAR gabungan kemudian melakukan pencarian hingga berhasil mengevakuasi korban dari dasar danau sekitar pukul 17.00 WIB.

BACA JUGA:Polresta Bogor Bekuk Perekrut Selebgram yang Promosikan Judi Online

"Saat ditemukan oleh Tim SAR dari BPBD Kabupaten Garut berada di dasar kolam atau Situ Ciburial pada pukul 17.00 WIB atau sekira enam jam kedua korban berada di dalam air," pungkas Aah.

Kepala Polsek Tarogong Kaler, Iptu Sona Rahadian Amus, menyatakan bahwa sebelum kejadian, kedua korban bersama tiga temannya sedang bermain di sekitar danau.

Ketiga teman korban meninggalkan area danau untuk mengejar layang-layang yang putus di area persawahan, sementara kedua korban memilih untuk berenang di danau, hingga akhirnya mereka dilaporkan hilang dan ditemukan telah meninggal.

BACA JUGA:Bupati Bandung Resmikan PT. Satya Bumi Kalingga dan Ekspor Perdana Komoditi Cengkeh ke Pakistan

Kapolsek menjelaskan bahwa berdasarkan hasil penyelidikan di tempat kejadian dan keterangan saksi, dugaan sementara adalah kedua korban meninggal karena kecelakaan tenggelam, kehabisan napas, dan akhirnya meninggal dunia.

"Dugaan sementara kedua korban meninggal dunia karena kecelakaan, tenggelam dan kehabisan napas karena pada saat ditemukan oleh tim SAR keduanya berada di dasar danau," ujar Kapolsek.*

Sumber: