10 Makanan Kaya akan Omega-3, Pilihan Sehat untuk Kesehatan !

10 Makanan Kaya akan Omega-3, Pilihan Sehat untuk Kesehatan !

Makanan Kaya akan Omega-3-ilustrasi-(Sumber Gambar : Pixabay)

RADAR JABAR - Omega-3 adalah jenis asam lemak esensial yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Kekurangan asam lemak ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti kulit kering, rambut rontok, nyeri sendi, dan depresi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan kebutuhan harian omega-3 telah terpenuhi. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang kaya akan omega-3 yang dapat kalian konsumsi. 

Rekomendasi makanan Kaya akan Omega-3

1. Ikan Makarel

Ikan makarel adalah salah satu makanan laut yang kaya akan omega-3. Dalam 100 gram ikan makarel terdapat 160 mg omega-3. 

Kalian dapat mengolahnya dengan cara dipanggang, dijadikan sup, atau isian sandwich. Selain makarel, ikan laut lainnya seperti ikan kembung, tongkol, sarden, tuna, dan salmon juga kaya akan omega-3.

2. Belut

Belut adalah hewan berkulit licin yang banyak ditemukan di area persawahan. Belut memiliki segudang nutrisi penting, termasuk omega-3, yaitu sekitar 430 mg dalam setiap 100 gramnya. Kalian dapat mengolah belut dengan cara dipanggang, dipepes, atau ditumis dengan bumbu balado.

3. Alpukat

Alpukat adalah buah yang memiliki tekstur lembut dan termasuk salah satu makanan yang mengandung omega-3. Alpukat diketahui mengandung omega-3 yang cukup tinggi, yaitu sekitar 110 mg. Dapat mengkonsumsi alpukat secara langsung atau diolah menjadi beragam hidangan yang nikmat.

4. Jambu Biji

Jambu biji adalah salah satu jenis buah yang kaya akan omega-3. Meski jarang terjadi, kekurangan omega-3 dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan kebutuhan harian omega-3 telah terpenuhi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3.

 

BACA JUGA:6 Rekomendasi Ikan Laut yang Mengandung Omega-3 yang Sangat Baik untuk Kesehatan Jantung dan Otak

Sumber: berbagai sumber