7 Buah yang Mengandung Banyak Air dan Menyegarkan!

7 Buah yang Mengandung Banyak Air dan Menyegarkan!

Buah yang Mengandung Banyak Air dan Menyegarkan--(Sumber Gambar : Pixabay)

RADAR JABAR - Kebutuhan cairan tubuh sangat penting untuk menjaga kesehatan. Selain minum air putih, buah-buahan yang mengandung banyak air juga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Berikut beberapa pilihan buah yang mengandung banyak air beserta manfaatnya yang bisa menjaga kesehatan tubuh.

Rekomendasi Buah yang Mengandung Banyak Air dan Menyegarkan

1. Semangka

Semangka mengandung kadar air hingga 92 persen. Karena kandungan airnya yang tinggi, semangka amat rendah kalori dan dapat membantu menurunkan berat badan dengan rasanya yang mengenyangkan.

 Semangka juga baik bagi daya tahan tubuh karena kandungan likopen, suatu antioksidan yang kuat, di dalamnya. Likopen ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Stroberi

Stroberi termasuk buah yang banyak mengandung air, mencapai kadar air hingga 91 persen. Mengonsumsi stroberi dapat menyumbang asupan cairan harian.

Selain menyediakan serat, stroberi juga tinggi antioksidan, berbagai vitamin, dan mineral termasuk vitamin C, folat, serta mangan. Vitamin C dalam stroberi membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

3. Jeruk

Jeruk mengandung kadar air sebanyak 88 persen. Kadar vitamin C dan potasium yang tinggi berkontribusi pada peningkatan daya tahan tubuh dan kesehatan jantung.

Flavonoid, yang merupakan antioksidan dalam jeruk, mampu melawan radikal bebas. Jeruk juga memberi rasa kenyang dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, jeruk membantu penyerapan zat besi dari makanan lain yang kamu konsumsi.

 

BACA JUGA:6 Buah yang Mengandung Banyak Air Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh!

 

4. Tomat

Tomat mengandung kadar air sebanyak 94 persen. Satu buah tomat berukuran sedang memiliki kadar air hingga setengah gelas atau 118 ml.

Buah yang mengandung air ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, serta likopen yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan mencegah kanker prostat. Tomat juga membantu menjaga kesehatan kulit dan mata.

5. Jeruk Bali

Jeruk bali punya konsentrasi air hingga 88 persen. Buah ini dapat berperan dalam diet dengan membantu penurunan berat badan, serta menjaga kadar kolesterol, tekanan darah, dan kadar gula darah.

Sumber: berbagai sumber