10 Keluarga Terkaya di Dunia Pada 2024, Ini Bisnis Mereka

10 Keluarga Terkaya di Dunia Pada 2024, Ini Bisnis Mereka

Bernard Arnault, Ketua dan Chief Executive LVMH, berpose bersama istrinya Helene dan anak-anak mereka, Antoine, Delphine, Alexandre, dan Frederic, dalam acara pembukaan kampus Jean Arnault di sekolah bisnis EDHEC di Roubaix pada 9 Juli 2021. Kampus ini di-Denis Charlet/AFP-

RADAR JABAR - Sebagai manusia yang dilahirkan di bumi, kita memang tidak bisa memilih keluarga tempat kita dilahirkan. Namun, jika dilihat dari siapa yang berkuasa di dunia ini, banyak yang pasti ingin masuk ke keluarga terkaya di dunia.

Alasannya sangat sederhana karena kebanyakan yang berkuasa adalah orang-orang kaya. Penasaran siapa saja mereka dan seberapa kaya mereka? Berikut adalah daftar keluarga terkaya yang kekayaannya diakui di seluruh dunia pada tahun 2024 ini:

1. Keluarga Arnault

Berdasarkan data dari Bloomberg Billionaires Index per 1 Juni 2023, Bernard Arnault merupakan orang kaya kedua di dunia. Hal ini tidak mengherankan karena dia adalah CEO Louis Vuitton dan Dior.

Meskipun awalnya bukan dari keluarga kaya, Bernard Arnault lulus sebagai insinyur dan bekerja di perusahaan konstruksi ayahnya. Setelah perusahaan ayahnya bangkrut pada 1970-an, dia beralih ke industri mode mewah dan menggunakan kekayaannya untuk mengakuisisi Christian Dior.

Kekayaan bersihnya saat ini mencapai 2,8 kuadriliun rupiah, dengan kekayaan puncaknya mencapai 3,6 kuadriliun rupiah. Selain bisnis, dia juga menghabiskan sebagian untuk investasi seperti kapal pesiar mewah dan pulau pribadi di Bahamas, serta koleksi seni senilai milyaran rupiah.

Meskipun menjadi miliarder, keluarganya juga aktif dalam berdonasi, termasuk untuk restorasi Notre Dame dan bantuan kebakaran hutan Amazon.

2. Keluarga Slim

Carlos Slim, yang dikenal sebagai orang terkaya di Meksiko, mengikuti gaya hidup frugal living. Di usianya yang sudah 80 tahun, kekayaannya mencapai 655 triliun rupiah.

BACA JUGA:5 Daftar Artis Terkaya di Indonesia Tahun 2024, Nomor 3 Paling Favorit

Dia tidak memiliki kapal pesiar atau pesawat pribadi, dan tinggal di rumah yang sama selama 40 tahun terakhir. Kekayaannya sebagian besar berasal dari saham mayoritas (57%) di perusahaan telekomunikasi terbesar di Amerika Latin, serta investasi di sektor perbankan, pertambangan, dan konstruksi.

Pada tahun 2010, kekayaannya bahkan melebihi Bill Gates. Meskipun hidup sederhana, Carlos Slim dikenal sebagai investor dan pengusaha yang sangat cerdas.

3. Keluarga Macmillan

Ternyata hubungan antara ayah dan menantunya tidak selalu menakutkan. William W. Cargill bersama menantunya John H. Macmillan berhasil menjalankan perusahaan terbesar di dunia yang membuat keluarga mereka masuk ke dalam daftar keluarga terkaya.

Awalnya dimulai dari sebuah gudang penyimpanan biji-bijian, keluarga ini memiliki kekayaan sekitar 770 triliun Rupiah. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1865 ini memiliki 6 anggota keluarga sebagai anggota dewan direksi, bergerak dalam penjualan dan pemasaran makanan, perdagangan komoditas, serta menyediakan layanan manajemen risiko keuangan.

Dari 90 anggota keluarga mereka yang memiliki 88% saham perusahaan, setidaknya 8 di antaranya dianggap sebagai miliarder. Meskipun sangat kaya, keluarga Macmillan dikenal tertutup dan jarang muncul di publik, lebih memilih gaya hidup sederhana dan menjauhi media.

4. Keluarga Wertheimer

Keluarga Wertheimer dikenal sebagai pemilik salah satu rumah mode paling terkemuka di dunia, yaitu Chanel, sejak tahun 1920. Setelah kematian Pierre Wertheimer, kedua cucu laki-lakinya, Alain dan Gerard, berhasil mengendalikan perusahaan ini dan mencatat keuntungan sebesar 1,4 kuadriliun Rupiah. Di sela-sela kesibukan mereka, mereka menginvestasikan uangnya untuk membeli tiga kebun anggur di Prancis.

Sumber: