Hati-Hati! 4 Hewan Ini Bisa Menandakan Keberadaan Makhluk Halus

Hati-Hati! 4 Hewan Ini Bisa Menandakan Keberadaan Makhluk Halus

Hewan Ini Bisa Menandakan Keberadaan Makhluk Halus-Ilustrasi/Unsplash-

RADAR JABAR – Tahukah kamu? Terdapat beberapa hewan yang bisa menandakan keberadaan makhluk halus di sekitar kita.

Manusia hidup berdampingan dengan makhluk halus. Mereka bisa melihat kita, tetapi sayangnya tidak berlaku sebaliknya. Namun, untuk merasakan kehadiran mereka, manusia tak harus memiliki indra keenam.

Cukup dengan memperhatikan keberadaan beberapa hewan atau mendengarkan suara hewan-hewan yang dapat merasakan kehadiran makhluk halus tersebut. Berikut adalah 4 hewan yang bisa menandakan keberadaan makhluk halus menurut Islam:

1. Keledai

Keledai merupakan hewan domestik dari keluarga kuda. Salah satu ciri yang membedakan keledai dengan kuda adalah telinganya yang lebih lebar. Selain memiliki telinga lebar, keledai juga memiliki suara yang unik. Ringkikannya adalah cara mereka berkomunikasi dengan keledai lain, entah itu mengekspresikan rasa kesepian, ketidaknyamanan, atau tekanan.

Dalam Islam, suara ringkikan keledai dianggap sebagai pertanda munculnya setan atau hantu di sekitar kita. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Apabila kalian mendengar ayam berkokok, mintalah karunia Allah karena dia melihat malaikat. Dan apabila kalian mendengar ringkikan keledai, mintalah perlindungan kepada Allah dari setan karena dia melihat setan,” (HR Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Kenali 12 Hukum Alam Semesta yang Mengatur Kehidupan Seluruh Makhluk

Suara keledai juga disebut sebagai suara keras yang banyak dibenci. Luqman Al-Hakim, salah satu tokoh yang diabadikan dalam Al-Quran, pernah menasihati anaknya tentang hal ini. Beliau berpesan agar berbakti kepada kedua orang tua dan jangan sekali-kali menyekutukan Allah SWT, serta melarang keras anak-anaknya bersuara keras seperti keledai.

Allah SWT berfirman dalam QS. Luqman: 19, “Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara adalah suara keledai.”

Suara keras seperti itu juga dibenci oleh Allah SWT, apalagi jika ditujukan kepada orang tua. Selain jelek, suara keras dianggap sebagai cerminan orang bodoh.

Syekh As-Sa'di dalam Taisirul Karimir Rahman berkata, seandainya mengeraskan suara dianggap ada faedah dan manfaat, tentu tidak dinyatakan secara khusus dengan suara keledai yang sudah diketahui jelek dan menunjukkan kelakuan orang bodoh.

2. Anjing

Hewan selanjutnya yang mengirimkan pertanda adanya makhluk halus di sekitar kita adalah anjing. Suara lolongan anjing di malam hari seringkali mengganggu tidur kita dan membuat bulu kuduk merinding. Ternyata, mereka melihat makhluk tak kasat mata yang tidak bisa dilihat manusia.

Jabir bin Abdillah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika kalian mendengar suara gonggongan anjing dan suara keledai pada malam hari, maka mintalah perlindungan kepada Allah karena anjing dan keledai tersebut melihat apa yang tidak kalian lihat,” (HR Abu Daud).

Perhatikan ketika azan berkumandang, beberapa anjing akan menggonggong bahkan sampai meraung-raung. Itu adalah bukti bahwa mereka melihat setan sedang lari terbirit-birit karena mendengar azan dan iqamah.

“Apabila azan dikumandangkan maka setan pergi dengan cepat sampai buang angin sehingga tidak mendengar suara azan. Ketika azan selesai, ia datang kembali. Saat iqamah dikumandangkan, maka setan pergi dengan cepat dan ketika iqamah selesai, ia datang kembali hingga membisikkan sesuatu ke dalam hati dengan mengingatkan ini dan itu yang sebelumnya tidak diingat sehingga seseorang tidak ingat berapa rakaat salat yang sudah dikerjakannya,” (HR Bukhari dan Muslim).

Sumber: