4 Penjara Terkejam Paling Mengerikan di Indonesia

4 Penjara Terkejam Paling Mengerikan di Indonesia

Penjara Paling Mengerikan di Indonesia-Para Penjaga Lapas Nusa Kambangan/Lapasnarkotikank_official-

RADAR JABAR - Apakah kalian tahu bahwa ada beberapa penjara di Indonesia yang sering disebut sebagai neraka? Setidaknya terdapat 4 penjara terkejam di Indonesia yang para narapidananya dihukum agar semakin menderita.

Julukan ini muncul karena sistemnya yang sangat kejam dan terkenal dengan penghuninya yang memiliki rekam jejak kejahatan berat.

Berikut adalah beberapa penjara paling mengerikan di Indonesia yang sangat dihindari oleh penjahat paling kejam sekalipun.

1. Lapas Nusa Kambangan

Salah satu penjara paling terkenal di Indonesia adalah Lapas Nusa Kambangan, sering disebut sebagai "Alcatraz-nya Indonesia." Penjara ini terletak di sebuah pulau yang digunakan khusus untuk menahan penjahat kelas berat seperti Jonny Indo, Tommy Soeharto, Bob Hasan, hingga pelaku terorisme.

Tidak heran jika pulau ini sering disebut sebagai Pulau Kematian. Karena lokasinya yang terpencil, keluarga tahanan kesulitan untuk mengunjungi mereka, sehingga tahanan jarang mendapatkan dukungan emosional dari keluarga atau teman-teman.

BACA JUGA:7 Penjara Terkejam di Dunia dengan Kisah Paling Seram

Pulau ini sudah ada sejak zaman Belanda dan dulunya sangat hijau dengan banyak pohon besar. Konon, pulau ini dulunya merupakan hutan angker yang dijaga oleh banyak makhluk halus. Selain penjara, ada juga cerita tentang eksekusi mati narapidana berat di reruntuhan Lapas Gliger.

Salah satu narapidana terkenal yang dieksekusi di sana adalah pembunuh berdarah dingin bernama Rio Martil, membuat tempat tersebut semakin angker.

Letaknya di dalam hutan tidak memudahkan para penjahat untuk kabur. Selain penjagaan yang ketat, lingkungan di sekitar lapas masih sangat asri dengan banyak hewan buas.

Jadi, jika berhasil kabur dari para penjaga, para tahanan harus menghadapi hewan-hewan buas dan menyeberangi lautan. Jangan pernah berharap bisa kabur jika sudah ditaruh di sana.

Pada tahun 2019, pernah tersebar sebuah video yang menunjukkan penyiksaan terhadap tahanan oleh sipir penjara di Nusa Kambangan. Menurut artikel BeritaSatu, Komisioner Komnas HAM bahkan harus memberikan sanksi pidana kepada para pelaku penyiksaan tersebut.

Jadi, jika ditanya apakah kita punya penjara yang mengerikan, jawabannya tentu saja ya. Nusakambangan adalah paket lengkap dengan penjagaan yang sangat ketat, cerita yang mengerikan, dan alam yang membuat tidak ada satu pun penjahat bisa kabur dari sana.

2. Lawang Sewu

Jika Anda sedang berkunjung ke Semarang, Lawang Sewu adalah salah satu tempat wisata ikonik yang patut dikunjungi. Namun, sebelum menjadi bangunan bersejarah, tahukah Anda bahwa tempat ini dulunya merupakan penjara?

Meskipun sekarang dimiliki oleh PT Kereta Api Indonesia, gedung ini awalnya merupakan kantor administrasi NIS, perusahaan kereta api swasta dari Belanda. Pada masa penjajahan Jepang, ruang bawah tanah yang awalnya adalah saluran pembuangan air diubah menjadi penjara yang sangat kejam bagi orang Belanda.

Sumber: