7 Sifat Teman yang Harus Kamu Jauhi Menurut Pandangan Islam

7 Sifat Teman yang Harus Kamu Jauhi Menurut Pandangan Islam

Sifat Teman yang Harus Kamu Jauhi Menurut Pandangan Islam--Ilustrasi foto Pixabay

RADAR JABAR - Dalam Islam, pertemanan dan persahabatan adalah aspek penting dalam kehidupan sosial. Namun, tidak semua teman membawa kebaikan. Ada beberapa sifat buruk yang sebaiknya dijauhi karena dapat merusak akhlak dan keimanan.

Berikut 7 sifat teman yang harus kamu jauhi menurut pandangan Islam:

1. Malas Beribadah

Teman yang malas beribadah bisa mempengaruhi kita untuk ikut lalai dalam kewajiban agama. Rasulullah SAW bersabda:

"Perumpamaan teman yang baik dan teman yang buruk adalah seperti pembawa minyak wangi dan pandai besi. Pembawa minyak wangi mungkin memberimu hadiah, atau kamu membeli darinya, atau kamu mendapatkan aroma harum darinya. Sedangkan pandai besi mungkin membakar pakaianmu, atau kamu mendapatkan bau tidak sedap darinya." (HR. Bukhari dan Muslim).

Teman yang malas beribadah mungkin akan membawa pengaruh negatif dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, penting untuk memilih teman yang selalu mengingatkan kita dalam kebaikan dan beribadah.

BACA JUGA:Hukum Menerima Donor Darah dari Nonmuslim, Kenali Juga Manfaatnya dalam Islam

2. Sering Berbohong

Bohong adalah perbuatan yang sangat dibenci dalam Islam. Teman yang sering berbohong dapat membuat kita terbiasa dengan kebohongan dan menjauhkan kita dari kebenaran. Rasulullah SAW bersabda:

"Tanda-tanda orang munafik ada tiga: apabila berkata, ia berdusta; apabila berjanji, ia ingkar; dan apabila dipercaya, ia berkhianat." (HR. Bukhari dan Muslim).

Kebohongan merusak kepercayaan dan hubungan. Oleh karena itu, jauhilah teman yang tidak jujur dalam perkataan dan perbuatannya.

3. Iri dan Dengki

Iri dan dengki adalah sifat yang sangat buruk dalam Islam. Teman yang memiliki sifat ini cenderung tidak suka melihat kebahagiaan atau kesuksesan orang lain dan selalu merasa tidak puas dengan apa yang dimilikinya. Allah SWT berfirman:

"Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebagian kamu lebih banyak dari sebagian yang lain." (QS. An-Nisa: 32).

BACA JUGA:Simak 6 Keutamaan Berkurban di Hari Raya Idul Adha, Apa Saja?

Iri dan dengki dapat merusak hubungan persahabatan dan membuat hati menjadi keras. Oleh karena itu, hindarilah teman yang selalu merasa iri dan dengki.

4. Tidak Dapat Dipercaya dan Suka Ingkar Janji

Kepercayaan adalah dasar dari setiap hubungan yang sehat. Teman yang tidak dapat dipercaya dan sering ingkar janji akan merusak hubungan tersebut. Rasulullah SAW bersabda:

"Tidak ada iman bagi orang yang tidak amanah, dan tidak ada agama bagi orang yang tidak menepati janji." (HR. Ahmad).

Sumber: