Masuki Libur Panjang, Satlantas Polresta Bandung dan Dishub Gelar Ramp Check Kendaraan Wisatawan

Masuki Libur Panjang, Satlantas Polresta Bandung dan Dishub Gelar Ramp Check Kendaraan Wisatawan

Masuki Libur Panjang, Satlantas Polresta Bandung dan Dishub Gelar Ramp Check Kendaraan Wisatawan--Istimewa

RADAR JABAR - Memasuki libur panjang, jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bandung, bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung melakukan Ramp Check.

Langkah penting ini, yakni pengujian kelaikan kendaraan pengangkut wisatawan jenis Bus dan para pengemudi bus.

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo melalui Kasatlantas Kompol Galih Apria mengatakan, pengecekan kendaraan dilakukan setiap hari dengan waktu secara acak.

"Pemeriksaan yang dilakukan ini, dimulai dari kesiapan kesehatan fisik sopir hingga kendaraan samata- mata agar mengurangi resiko terjadinya penyebab utama kecelakaan," ungkap Galih dalam keterangannya di Soreang, Kamis 23 Mei 2024.

Guna mengantisipasi hal tersebut, kata ia, yang pertama adalah kesiapan badannya sendiri yaitu performa badan pengemudi.

"Dalam membawa kendaraan, sopir bis tidak ngantuk dan tidak lagi sakit. Terus mereka juga dilengkapi dengan surat ijin mengemudi (SIM)," tegasnya.

Yang kedua, papar Galih, adalah kesiapan kendaraan, karena dari situ ada ahlinya dari Dishub yang akan menguji secara keseluruhan terhadap kendaraan baik dari rem, ban, lampunya dan lain sebagainya

 

BACA JUGA: Bupati Bandung bersama Bunda Bedas Nginap Laksanakan Program Bunga Desa dengan Menginap di Rumah Warga

 

"Kami menghimbau kepada sopir tentang informasi lokasi atau tempat yang akan dikunjungi, contoh kita menemukan sopir dari Tangerang yang mau ke Pangalengan. Kemudian kami bertanya kepada sopir mengenai apakah dirinya tahu jalan ke Pangelengan atau daerah Ciwidey,” imbuhnya.

Galih menyebutkan, langkah yang dilakukan ini, sebagai bukti dan respon Satuan Lalu Lintas Polresta Bandung adalah bukti kepedulian. 

Hal ini, lanjut Galih, untuk menciptakan keselamatan di jalan. Konsentrasi di jalan sehingga tidak ada lagi kecelakaan lalulintas.

"Kegiatan ini, tentunya akan dilakukan setiap hari, waktunya acak. Supaya pergerakan kita tidak terbaca," ujarnya.

Sumber: