Bupati Bandung Bersama Bunda Bedas Laksanakan Program Bunga Desa dengan Menginap di Rumah Warga

Bupati Bandung Bersama Bunda Bedas Laksanakan Program Bunga Desa dengan Menginap di Rumah Warga

Bupati Bandung bersama Bunda Bedas Nginap Laksanakan Program Bunga Desa dengan Menginap di Rumah Warga--Istimewa

RADAR JABAR - Bupati Bandung Dadang Supriatna bersama Bunda Bedas Emma Dety Dadang Supriatna nginap di rumah warga di Kampung Padarek RW 02 Desa Drawati Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung, Kamis (23/5/2024) malam.

Bupati Bandung nginap di rumah panggung milik Enang (75) itu dalam rangka melaksanakan program Bunga Desa (Bupati Ngamumule Desa) atau saba desa yang ke-26. 

Tak hanya Bupati Bandung, Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Cakra Amiyana, para Asisten, Kepala Dinas dan Kepala Badan serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah lainnya juga nginap di rumah warga. 

Nginap di rumah warga itu dalam rangka mendekatkan silaturahmi antara  pemerintah dengan masyarakat. Selain itu hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat, sehingga secara langsung kehidupan sehari-hari masyarakat bisa dilihat. 

Bupati beserta Bunda Bedas saat singgah di rumah Enang itu langsung disambut oleh penghuni sekaligus pemilik rumah tersebut. 

Rumah yang disinggahi orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu, dengan kondisi rumah yang sudah waktunya untuk diperbaiki atau dilakukan rehab total karena sudah tidak layak huni.

Rumah Enang yang sudah ditinggal istrinya itu dengan kondisi dinding dan atap rumah bilik, dan lantai rumahnya terbuat dari papan kayu. Rumah tersebut diperkirakan sudah berusia puluhan tahun. 

Pada dinding dan atap rumahnya ada bagian butiran kapur yang sewaktu-waktu berjatuhan, sehingga secara medis tidak sehat.

Bupati Dadang berencana untuk melakukan perbaikan rumah tersebut pada Jumat (24/5/2024) pagi, setelah menginap di rumah tersebut. Perbaikan rumah itu dalam program perbaikan rumah tidak layak huni.

Saat bertemu dengan penghuni rumah, Dadang langsung minta izin untuk menginap semalam di rumah tersebut.

"Bade ngiring mondok. Bade ngiring nginap semalam. Manawi diwidian," kata Bupati kepada pemilik rumah.

"Insya Allah, enjing bumina dibongkar. Didangdosan," ujarnya.

Bupati pun langsung komunikasi dengan Camat Paseh Asep Drajat, menanyakan alat-alat bangunan yang dibutuhkan untuk membangun kembali rumah Enang tersebut. 

"Alat-alat bangunan sudah siap. Nyanggakeun panglayadna sareng silaturahmina," kata Kang DS, sapaan akrab Bupati ini. 

Sumber: