5 Tips Merawat Bunga Carnation, Agar Makin Cantik

5 Tips Merawat Bunga Carnation, Agar Makin Cantik

Ilustrasi bunga carnation--Freepik

RADAR JABAR - Apakah kamu pernah berpikir untuk merawat bunga carnation yang indah ini? Ternyata bunga yang indah ini memerlukan cara yang tepat untuk mendapatkan hasil yang cantik.

Dikenal juga dengan nama bunga anyelir, bunga carnation juga merupakan salah satu tanaman yang sangat diminati untuk dijadikan bunga potong maupun tanaman hias di rumah. Keindahan dari bunga ini berasal dari warnanya yang beragam, serta memiliki berbagai makna mendalam yang tersemat di dalamnya membuat bunga ini menjadi favorit banyak orang untuk menanamnya.

Namun, disisi lain untuk bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan bunga yang cantik, perawatan bunga carnation tentunya harus tepat dan harus diperhatikan dengan baik. Nah, jika kamu ingin menanam bunga ini, berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat bunga Carnation yang bisa kamu coba dan terapkan.

Cara Merawat Bunga Carnation

1. Penyiraman yang Tepat

Penyiraman merupakan salah satu aspek penting ketika merawat bunga carnation. Penting untuk diingat bahwa bunga ini tidak menyukai kelembaban yang berlebihan.

Pastikan wadah tanam tidak terlalu basah, karena dapat menyebabkan akar membusuk dan merusak tanaman secara keseluruhan. Siram bunga carnation dengan cukup, namun hindari penyiraman berlebihan.

Penyiraman yang teratur juga membantu dalam mengontrol pertumbuhan gulma di sekitar tanaman. Lakukan penyiangan setidaknya seminggu sekali untuk menjaga kebersihan tanaman.

BACA JUGA:5 Tanda Orang Tidak Bahagia Padahal Tampak Baik-Baik Saja

2. Pemupukan yang Tepat

Pemberian pupuk yang tepat juga sangat penting untuk pertumbuhan bunga carnation agar tumbuh optimal. Kamu harus menggunakan pupuk yang sesuai dengan kebutuhan tanaman ini, serta cocok untuk pertumbuhan bunga ini.

Pemupukan secara teratur membantu menyediakan nutrisi yang diperlukan tanaman untuk tumbuh dengan baik dan menghasilkan bunga yang indah.

3. Pencahayaan yang Tepat

Pencahayaan yang tepat tentunya memainkan peran kunci dalam pertumbuhan bunga carnation. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari penuh untuk tumbuh dengan baik, meskipun juga dapat tumbuh dengan baik di tempat yang teduh.

Jika memungkinkan, berikan bunga carnation paparan sinar matahari pagi untuk menjaga kecerahan dan kesegaran warna bunganya.

BACA JUGA:5 Tanda Kamu Bahagia Menikmati Waktu Sendiri

4. Repotting yang Tepat

Jika bunga carnation telah tumbuh terlalu besar untuk wadahnya, repotting perlu dilakukan. Cara yang tepat untuk melakukan repotting adalah dengan mengangkat tanaman hingga ke akar, lalu menanamnya kembali di dalam pot baru yang telah disiapkan.

Tentunya kamu harus memastikan pot baru memiliki drainase yang baik dan ukuran yang sesuai dengan pertumbuhan tanaman.

5. Pemanenan yang Tepat

Sumber: