Inilah Pentingnya Vitamin D3 Bagi Tubuh, Pahami Juga Manfaat dan Resikonya

Inilah Pentingnya Vitamin D3 Bagi Tubuh, Pahami Juga Manfaat dan Resikonya

Ilustrasi--Sumber gambar: freepik.com

RADAR JABAR - Vitamin D3 tidak hanya diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, tetapi juga penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Memastikan asupan yang cukup dari vitamin ini dapat mengurangi risiko terhadap berbagai penyakit dan infeksi, terutama infeksi saluran pernapasan.

Ada dua jenis utama vitamin D, yaitu D2 dan D3. Vitamin D2 dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan nabati, sementara vitamin D3 terbentuk secara alami ketika kulit terpapar langsung oleh sinar matahari.

 

Berikut Peranan Vitamin D3 Dalam Tubuh:

 

Manfaat utama dari vitamin D3 adalah meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor, yang penting untuk kesehatan tulang. Baik melalui makanan maupun suplemen, asupan yang cukup dianjurkan terutama bagi individu dengan risiko kekurangan vitamin D, seperti penderita lupus, yang sering berada di dalam ruangan, atau yang mengalami gangguan saluran pencernaan.

 

Vitamin D3 memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaatnya:

 

1. Mengatasi Osteomalasia dan Rakitis

Gangguan seperti osteomalasia dan rakitis, yang menyebabkan tulang menjadi lembek pada orang dewasa dan anak-anak dalam masa pertumbuhan, dapat diatasi dengan konsumsi vitamin D3 yang tepat. Kekurangan vitamin D merupakan penyebab utama kedua kondisi ini.

2. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis, kondisi di mana kepadatan tulang menurun, dapat dicegah dengan asupan vitamin D3 yang cukup. Wanita lebih rentan terhadap osteoporosis karena penurunan kadar hormon estrogen, namun dengan mengonsumsi vitamin D3 secara teratur sejak dini, risiko osteoporosis dapat ditekan.

Sumber: