6 Balasan Dosa Zina di Dunia dan Akhirat dari Allah SWT

6 Balasan Dosa Zina di Dunia dan Akhirat dari Allah SWT

Balasan Dosa Zina di Dunia dan Akhirat-Ilustrasi/Pixabay-

RADAR JABAR - Allah SWT tidak menyukai jika hambanya melakukan perbuatan yang keji, salah satunya adalah perbuatan zina. Terdapat balasan dosa zina yang akan dirasakan pelakunya apabila tidak segera bertaubat.

Perbuatan zina termasuk dalam tiga kelompok dosa besar, dosa yang paling besar setelah dosa Syirik dan membunuh. Dalam Alquran, Allah SWT secara tegas mengingatkan kita untuk menjauhi perbuatan tersebut, sebagaimana dijelaskan dalam surah Al-Isra ayat 32:

"Allah SWT berfirman, 'Dan janganlah kamu mendekati zina. Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.'" (QS. Al-Isra: 32).

Balasan bagi para pelaku zina yang tidak bertaubat kepada Allah sungguh sangatlah pedih. Para pelaku zina kelak akan dibakar di tungku api neraka.

BACA JUGA:Apakah Dosa Zina Diampuni Allah? Inilah Hukum Berzina dan Menikahi Pezina dalam Islam

Itulah sebabnya kita sebagai umat Muslim wajib menjauhi perbuatan yang keji ini. Balasan bagi para pelaku zina tidak hanya di akhirat saja.

6 Balasan Dosa Zina di Dunia dan Akhirat

Apabila seseorang tidak bertaubat dan meninggalkan zina, berikut adalah balasan pelaku zina dari Allah ketika ia di dunia dan akhirat.

1. Dihilangkan Keindahan Wajahnya

Balasan bagi pelaku zina di dunia yang tidak bertobat kepada Allah SWT adalah yang pertama akan dihilangkan keindahan di wajahnya.

Dampak buruk perbuatan berzina dapat menghilangkan keindahan di wajah. Setelah berzina, seseorang bisa saja terlihat cantik dengan make up yang menghiasi wajahnya, namun cahaya kecantikan tidak lagi dipancarkan oleh Sang Maha Pengasih. Seperti dalam surat Yunus ayat 27, Allah SWT berfirman,

"Sesungguhnya orang-orang yang telah meraih keburukan, akan disertai oleh azab (yang pedih) karena apa yang mereka usahakan, dan mereka tidak dapat menentukan suatu pertahanan pun." (QS. Yunus: 27).

2. Hidup Merasa Miskin Karena Harta yang Tak Berkah

Balasan yang kedua di dunia adalah hidupnya dalam kemiskinan. Bagi para pelaku zina, dapat membawa pelakunya pada kemiskinan, sebab seseorang yang melakukan perbuatan zina akan mengejar kepuasan nafsunya dan mengeluarkan sejumlah materi untuk memenuhi hasratnya.

Banyak contoh di kehidupan masyarakat menunjukkan balasan perbuatan zina. Misalnya, seorang pria yang tadinya mapan dan berjuang bersama istri, kini ia harus hidup melarat dan sendiri akibat berselingkuh dengan wanita lain dan melakukan zina.

Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda, “Hendaknya kalian menjauhi perbuatan zina karena akan mengakibatkan empat hal yang merusak, yaitu menghilangkan kewibawaan dan keceriaan wajah, memutuskan rezeki, mengakibatkan kefakiran, mengundang kutukan Allah, dan menyebabkan kekal di neraka.” (HR Tabrani dari Ibnu Abbas).

3. Dipendekkan Usianya

Usia yang pendek bisa diartikan dengan usia yang tidak berkah bagi orang yang suka berzina. Hidupnya akan jauh dari rahmat Allah SWT. Tiada gunanya umur yang panjang apabila diisi dengan perbuatan maksiat dan jauh dari rahmat dan ridho Allah. Inilah akibat dari perbuatan zina yang bisa membuat usia menjadi tidak berkah.

4. Dimurkai oleh Allah SWT

Sumber: