5 Cara Mengatasi Anxiety Disorder dengan Efektif

5 Cara Mengatasi Anxiety Disorder dengan Efektif

Ilustrasi--Sumber gambar: freepik.com

RADAR JABAR - Anxiety disorder atau gangguan kecemasan adalah kondisi kesehatan mental yang ditandai dengan perasaan cemas dan khawatir yang berlebihan dan tidak terkendali.

Cemas dan khawatir itu normal, misalnya sebelum presentasi atau menghadapi ujian. Namun pada Anxiety disorder, kecemasan ini terjadi terus-menerus, bahkan untuk hal-hal sepele, dan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Anxiety disorder atau gangguan kecemasan adalah kondisi mental yang umum terjadi dan dapat memengaruhi banyak aspek kehidupan. Gejalanya bisa berupa rasa cemas dan khawatir yang berlebihan, mudah panik, sulit berkonsentrasi, gelisah, dan bahkan mengalami serangan panik.

 

Berikut adalah 5 cara mengatasi Anxiety disorder:

 

1. Mencari Bantuan Profesional

Langkah pertama yang paling penting adalah mencari bantuan profesional dari psikolog atau psikiater. Mereka dapat membantu mendiagnosis jenis anxiety disorder yang Anda alami dan merekomendasikan pengobatan yang tepat. Pengobatan dapat berupa terapi, obat-obatan, atau kombinasi keduanya.

2. Terapi

Terapi merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi anxiety disorder. Ada beberapa jenis terapi yang dapat digunakan, seperti:

  • Cognitive Behavioral Therapy (CBT): CBT membantu Anda mengidentifikasi dan mengubah pola pikir dan perilaku negatif yang dapat memperburuk kecemasan.
  • Exposure Therapy: Exposure therapy secara bertahap memaparkan Anda pada situasi yang memicu kecemasan sehingga Anda dapat belajar mengatasinya.
  • Relaxation Techniques: Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, dan pernapasan dalam dapat membantu menenangkan tubuh dan pikiran Anda.

 

BACA JUGA: Anxiety Disorder: Bahaya yang Lebih Mengerikan dari Depresi

 

3. Olahraga Teratur

Olahraga teratur dapat membantu mengurangi gejala kecemasan dan meningkatkan mood. Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari, seperti berjalan kaki, berenang, atau bersepeda.

4. Menjaga Pola Makan Sehat

Makan makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda. Hindari konsumsi kafein dan alkohol berlebihan, karena dapat memperburuk kecemasan.

5. Mendapatkan Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat memperburuk gejala kecemasan. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup, yaitu sekitar 7-8 jam setiap malam.

 

BACA JUGA: Apa Itu Memaafkan Diri Sendiri yang Jadi Kunci Kesehatan Mental? Simak Disini!

 

 

Gejala umum anxiety disorder bisa berupa:

 

1. Merasa cemas, khawatir, atau takut terus-menerus

2. Gelisah dan tidak bisa diam

3. Mudah lelah

4. Sulit tidur atau tidur tidak nyenyak

5. Sesak napas

6. Jantung berdebar-debar

7. Berkeringat

8. Gemetar

9. Sulit konsentrasi

Sumber: