8 Cara Mencegah Munculnya Jerawat saat PMS

8 Cara Mencegah Munculnya Jerawat saat PMS

8 Cara Mencegah Munculnya Jerawat saat PMS-Cara Mencegah Munculnya Jerawat-Freepik

RADAR JABAR - Jerawat yang muncul saat PMS (Sindrom Pramenstruasi) bisa menjadi masalah yang mengganggu bagi banyak wanita. Fluktuasi hormonal di sekitar jadwal menstruasi dapat membuat kulit lebih sensitif dan meningkatkan aktivitas sel-sel kelenjar, yang memicu munculnya Jerawat.

Selain itu, berbagai faktor lain seperti stres, diet tidak seimbang, genetik, pajanan sinar UV, penggunaan kontrasepsi hormonal, atau perawatan kulit yang tidak tepat juga dapat menjadi pemicu munculnya jerawat. Namun, ada langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah jerawat saat PMS.

 

Langkah-langkah Mencegah Jerawat saat PMS:

 

1. Pilih Produk Pembersih Wajah yang Sesuai

Cuci wajah dengan menggunakan sabun yang memiliki formula ringan dan cocok untuk jenis kulit Anda. Pilihlah produk pembersih wajah yang tidak mengandung bahan-bahan yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

2. Hindari Menggosok Kulit Berlebihan

Hindari menggosok kulit wajah terlalu keras, serta jangan mencubit atau mencungkil jerawat secara paksa. Hal ini dapat menyebabkan iritasi dan peradangan yang memperburuk kondisi jerawat.

 

BACA JUGA:Cara Cepat Menghilangkan Jerawat di Punggung

 

3. Jaga Kebersihan Tangan

Hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, karena dapat menyebabkan penyebaran bakteri dan kotoran yang dapat memperparah jerawat.

4. Gunakan Pelembab dan Tabir Surya

Pastikan untuk menggunakan pelembab yang ringan dan tidak berminyak setelah mencuci wajah. Selain itu, gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup saat beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat memperparah jerawat.

5. Batasi Penggunaan Kosmetika Tebal

Hindari penggunaan kosmetika berat atau tebal yang dapat menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat. Pilihlah produk kosmetika yang tidak mengandung minyak dan bersifat non-komedogenik.

 

BACA JUGA:5 Cara Mudah Mengkempeskan Jerawat dengan Bahan Alami, Salah Satunya dengan Es Batu

Sumber: