Terlihat Berbeda, Ternyata Ini 6 Persamaan Agama Islam dan Hindu

Terlihat Berbeda, Ternyata Ini 6 Persamaan Agama Islam dan Hindu

6 Persamaan Agama Islam dan Hindu-Ilustrasi/Pixabay-

RADAR JABAR - Sejauh pengetahuan kita, semua agama di dunia memiliki perbedaan latar, tak terkecuali antara Islam dan Hindu. Namun, bukan berarti kedua agama ini mutlak 100% berbeda.

Pasalnya, ada beberapa fakta yang menunjukkan bahwa agama Islam dan Hindu ternyata memiliki banyak persamaan.

Masalahnya, fakta-fakta tersebut masih sering diabaikan atau mungkin jarang diketahui orang. Apa sajakah persamaan Islam dan Hindu berdasarkan fakta yang ada?

Persamaan Islam dan Hindu

Simak persamaan agama Islam dan Hindu dari segi kepercayaan hingga peribadatan.

1. Konsep Ketuhanan

Dari beberapa fakta yang ada, persamaan pertama dan yang paling mendasar antara Islam dan Hindu adalah mengenai konsep Ketuhanan. Jika dalam Islam kita mengenal konsep Ketuhanan monoteisme atau pengakuan dan penyembahan terhadap Tuhan Yang Satu, rupanya Hindu juga demikian.

BACA JUGA:Bela Rasa Ramadhan 2024 untuk Meningkatkan Toleransi Antar Umat Beragama

Hal ini berdasarkan apa yang disebutkan dalam kitab suci mereka, bahwa Tuhan yang dimaksud adalah Tuhan yang maha esa, maha besar, dan maha suci.

Tak punya ibu dan bapak atau tidak dilahirkan, tidak ada yang mendahului, tidak punya tuan dan pelindung, tidak ada yang serupa dengannya. Tidak berbentuk, tidak dapat dilihat oleh mata, pencipta seluruh semesta alam, dan memiliki banyak nama.

Sementara itu, kita ketahui bersama Alquran juga menyebutkan pernyataan-pernyataan serupa, misalnya, “Katakanlah (Muhammad), Dia-lah Allah yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. Allah tidak beranak dan tidak pula diperanakan, dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.” (Alquran Surah Al-Ikhlas ayat 1-4).

Atau di ayat lain, “(Dialah) Allah, tidak ada Tuhan selain Dia yang mempunyai nama-nama yang terbaik.” (Alquran Surat Thaha ayat 24).

Selain konsep Ketuhanan di dalam kitab agama Hindu, juga terdapat keterangan yang serupa dengan konsep rukun Islam yang mengakui adanya Tuhan Yang Maha Esa dan utusan terakhir yang akan menuntun umat manusia seluruh dunia.

Selain itu, melaksanakan peribadatan yang disebut sastra atau penyembahan dengan 8 anggota badan, layaknya sujud dalam salat, berderma, berpuasa, dan yang terakhir, penyebutan tentang rumah Tuhan yang disebut dengan nama illa spat.

Dalam rukun Islam sendiri, terdapat 5 poin yang menjadi pokok atau inti kebersihan seseorang, yakni mengakui adanya Allah sebagai satu-satunya Tuhan, Nabi Muhammad sebagai Rasul, mendirikan salat, menunaikan zakat, naik haji, dan berpuasa pada bulan Ramadan, sebagaimana bunyi sabda Nabi berikut, “Islam dibangun di atas 5 persaksian bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan salat, zakat, naik haji, dan puasa Ramadan.” (HR Bukhari dan Muslim).

2. Konsep Kehidupan dan Kematian

Persamaan lain yang juga disebutkan dalam kitab Hindu adalah mengenai konsep kehidupan dan kematian. Di situ dijelaskan bahwa kehidupan manusia tidak akan berhenti atau berputar setelah fase kematian, melainkan terus berlanjut ke fase kehidupan baru atau ke alam Abadi, hal ini dikenal dengan sebutan punar Janam dalam kitab Weda.

Sumber: