Indonesia Tergeser, Ini 5 Negara Mayoritas Islam Terbesar di Dunia

Indonesia Tergeser, Ini 5 Negara Mayoritas Islam Terbesar di Dunia

Negara Mayoritas Islam Terbesar di Dunia-Ilustrasi/Monumen Islamabad/Pakistan-

RADAR JABAR - Agama Islam memang menjadi agama dengan jumlah pengikut terbanyak kedua di dunia. Pertumbuhan penduduk suatu negara akhirnya mengubah fakta global, menggeser posisi Indonesia sebagai negara mayoritas Islam terbesar di dunia.

Saat ini beberapa negara telah menggeser posisi Indonesia yang sebelumnya menjadi negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia.

5 Negara Populasi Penduduk Muslim Terbesar di Dunia

Berikut adalah 5 negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia yang menggeser Indonesia.

1. Nigeria

Negara ini terletak di Afrika Barat, berbatasan dengan Benin, Chad, dan Kamerun. Abuja adalah ibu kotanya, sementara Lagos merupakan kota terbesar dan pusat ekonominya.

BACA JUGA:Bukan di Jazirah Arab, 2 Negara Ini Seluruh Penduduknya Beragama Islam

Dengan sekitar 200 juta penduduk, Nigeria merupakan negara paling padat di Benua Afrika. Dari jumlah tersebut, sekitar 97 juta adalah penganut Islam, menjadikan Nigeria sebagai negara dengan jumlah Muslim terbanyak kelima di dunia.

2. Bangladesh

Dengan jumlah penduduk sekitar 160 juta jiwa, Bangladesh merupakan salah satu negara dengan populasi terbesar di dunia. Dari jumlah tersebut, sekitar 150,8 juta adalah Muslim. Bangladesh merdeka pada tahun 1971 dari Pakistan.

Warga Muslim Bangladesh juga sangat antusias menyambut Ramadan. Saat bulan Ramadan, atmosfer di Bangladesh mirip dengan di Indonesia, terutama saat momen sahur di mana terdapat tradisi membangunkan warga untuk sahur.

3. India

Meskipun Islam bukan agama mayoritas di India, namun dengan jumlah total penduduk mencapai 1,4 miliar orang, jumlah Muslim mencapai lebih dari 200 juta jiwa, menjadikannya tetap berada di posisi ketiga dalam jumlah populasi Muslim.

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata Religi Islam di Indonesia yang Wajib Dikujungi

Sekitar 14% dari keseluruhan penduduk India adalah Muslim, dengan banyak dari mereka tinggal di daerah seperti Lakshadwip, Jammu, Kashmir, Assam, West Bengal, dan Uttar Pradesh.

4. Indonesia

Indonesia telah tergeser dari posisinya sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia. Selama puluhan tahun, Indonesia telah menjadi negara terbesar dengan jumlah penduduk Muslimnya.

Saat ini, jumlah penduduk Muslim di Indonesia mencapai 236 juta jiwa, atau sekitar 86% dari jumlah keseluruhan penduduk. Jumlah Muslim di Indonesia tersebar di banyak pulau, terutama di Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, dan Sulawesi. Indonesia juga memiliki Masjid Istiqlal, masjid terbesar di Asia Tenggara.

5. Pakistan

Pakistan adalah negara dengan jumlah pemeluk Islam terbanyak di dunia saat ini. Negara yang terletak di Asia Selatan ini memiliki jumlah penduduk Muslim sebanyak 240,8 juta jiwa, atau sekitar 98,19% dari jumlah penduduknya.

Sumber: