16 Rekomendasi Buah Untuk Ibu Hamil, Baik Untuk Tumbuh Kembang Janin

16 Rekomendasi Buah Untuk Ibu Hamil, Baik Untuk Tumbuh Kembang Janin

Ilustrasi buah buahan--Freepik/lifeforstock

RADAR JABAR - Bagi ibu hamil, tentunya penting untuk mengonsumsi berbagai buah untuk menunjang kesehatan ibu dan janin. Beberapa rekomendasi buah untuk ibu hamil ini tetunya sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Kesehatan ibu hamil adalah prioritas utama untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat. Salah satu cara terbaik untuk memastikan kesehatan ibu hamil adalah dengan memperhatikan asupan nutrisinya, termasuk mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan yang kaya akan nutrisi penting.

Berikut adalah beberapa rekomendasi buah untuk ibu hamil, beserta manfaat kesehatan yang mereka bawa.

1. Pisang: Mengatasi Anemia dan Menjaga Energi Tubuh

Pisang mengandung zat besi yang dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil. Anemia dapat mengurangi kadar hemoglobin dan energi tubuh, sehingga konsumsi pisang dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil.

BACA JUGA:Wow Banyak Banget Manfaatnya! Kenali 14 Manfaat Buah Sirsak yang Eksotis Ini

2. Semangka: Hidrasi dan Mengatasi Mual

Semangka tidak hanya menyegarkan tetapi juga mengandung banyak air yang membantu menjaga kecukupan cairan tubuh, terutama pada masa kehamilan. Selain itu, semangka juga dapat membantu mengatasi rasa mual yang sering dialami oleh ibu hamil.

3. Alpukat: Mendukung Perkembangan Janin

Alpukat kaya akan asam folat yang penting untuk perkembangan saraf janin. Kalsium dalam alpukat juga mendukung pertumbuhan tulang janin.

4. Jeruk: Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jeruk mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. Vitamin C juga penting untuk pembentukan kolagen yang mendukung perkembangan tulang bayi.

5. Jambu Biji: Mengurangi Risiko Cacat Lahir

Jambu biji mengandung asam folat yang dapat mengurangi risiko cacat lahir pada janin. Konsumsi jambu biji juga dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna ibu hamil.

6. Apel: Mencegah Sembelit dan Menjaga Kadar Gula Darah

Apel mengandung serat makanan yang membantu mencegah sembelit yang sering terjadi pada masa kehamilan. Serat juga membantu mengatur kadar gula darah, yang penting untuk mencegah diabetes gestasional.

BACA JUGA:5 Dampak Bahaya Konsumsi Obat Diet

7. Pir: Mencegah Sembelit dan Mendukung Kesehatan Jantung

Pir merupakan sumber serat makanan yang kaya, membantu mencegah sembelit selama kehamilan. Selain itu, kandungan kalium dalam pir juga mendukung kesehatan jantung ibu dan janin.

8. Melon Oranye: Menyediakan Vitamin A dan C

Melon oranye mengandung beta karoten vitamin A dan vitamin C, yang baik untuk kesehatan ibu dan janin.

9. Mangga: Menjaga Daya Tahan Tubuh dan Mengurangi Risiko Cacat Lahir

Mangga mengandung vitamin C yang membantu menjaga daya tahan tubuh ibu hamil. Vitamin C juga mengurangi risiko cacat lahir pada janin.

10. Blueberry dan Strawberry: Mendukung Pertumbuhan Saraf Janin dan Mengatur Gula Darah

Sumber: