BMKG: Beberapa Daerah Waspada Terhadap Cuaca Ekstrem

BMKG: Beberapa Daerah Waspada Terhadap Cuaca Ekstrem

Ilustrasi cuaca ekstrem--Freepik

RADAR JABAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan bahwa sebagian besar wilayah di Indonesia masih berada dalam status waspada terhadap cuaca ekstrem.

Berdasarkan informasi yang dipublikasikan oleh BMKG di Jakarta pada Jumat (19/4) pagi, wilayah-wilayah yang berstatus waspada terhadap cuaca ekstrem berpotensi mengalami angin puting beliung, hujan lebat, kilat, petir, bahkan hujan es.

BACA JUGA:Emirates Menangguhkan Proses Check-In di Bandara Dubai Akibat Cuaca Buruk

Beberapa daerah yang termasuk dalam kategori tersebut meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Selain itu, wilayah-wilayah lain yang juga berada dalam status waspada mencakup Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua, dan Papua Selatan.

Untuk itu, BMKG mengimbau agar masyarakat di wilayah-wilayah tersebut waspada terhadap kemungkinan dampak yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan air, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

BACA JUGA:Rekrutmen Lowongan Kerja PT KAI 2024 Dibuka! Simak Persyaratan dan Cara Daftarnya

Sementara itu, bagi wilayah DKI Jakarta, beberapa bagian mengalami cuaca cerah berawan pada pagi hari, termasuk Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu. Sedangkan Jakarta Pusat dan Jakarta Utara diprakirakan hanya akan mengalami cuaca berawan di pagi hari.

Namun, pada siang hari, seluruh wilayah DKI Jakarta diperkirakan akan turut mendapat hujan, baik dengan intensitas ringan maupun sedang. Secara spesifik, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diprediksi akan mengalami hujan sedang yang disertai petir. BMKG memperkirakan hujan akan terus berlanjut hingga malam hari di DKI Jakarta.

BACA JUGA:Menteri Investasi Bahlil Optimis Pertemuan Jokowi dan Megawati Terjadi di Waktu yang Tepat

Sebelumnya, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang yang berpotensi melanda sejumlah daerah di Indonesia dalam kurun waktu satu minggu ke depan, mulai dari Selasa (16/4) hingga 21 April 2024.

Kepala Pusat Meteorologi Publik, Andri Ramdhani, menyatakan bahwa dalam periode tersebut cuaca ekstrem berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera, terutama di pesisir barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, dan Kalimantan.*

Sumber: antaranews