Kantung Parkir di Parungpanjang Bogor Sudah Bisa Menampung 200 Truk Tambang

Kantung Parkir di Parungpanjang Bogor Sudah Bisa Menampung 200 Truk Tambang

Penjabat Bupati Bogor Asmawa Toseu meninjau kantung parkir truk tambang di Parungpanjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin 15 April 2024-HO-Humas Pemkab Bogor-ANTARA

Radar Jabar – Kantung parkir untuk truk atau angkutan khusus tambang yang melintas di sekitar wilayah Parunggpanjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kini bisa menampung 200 kendaraan. Kantung parkiri ini disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

 

“Hasil peninjauan kami hari ini (red, kemarin) mungkin untuk 200-an truk itu sudah bisa menampung. Mudah-mudahan bisa kita percepat (pembangunannya) sambil digunakan,” kata Penjabat Bupati Bogor, Asmawa Toseu, kala meninjau kantung parkir di Desa Gorowong, Perungpanjang, Senin 15 April 2024, dikutip dari Antara, Rabu (16/4).

 

Menurutnya, pembangunan kantung parkir yang dikerjasamakan dengan Perhutani ini telah menghabiskan waktu sekitar tiga bulan. Oleh karena itu, diharapkan bisa langsung pelaku transportasi angkutan tambang gunakan selepas Idul Fitri 1445 Hijriah.

 

“Mudah-mudahan sudah bisa digunakan pasca-libur Lebaran ini. Sambil berjalan perbaikannya, pembangunannya hari ini kita cek kesiapannya,” papar Asmawa.

 

BACA JUGA:Angkot Listrik Bogor Angkut 500 Penumpang dalam Satu Pekan Terakhir

 

Di lain sisi, pembangunan kantung parkir di perbatasan wilayah Perungpanjang, tepatnya di Desa Ciomas, Kecamatan Tenjo, saat ini memasuki tahap pengerasan tanah memakai bebatuan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Dadang Kosasih.

 

“Sebagian sudah pengerasan jalan, tinggal sebagian lagi masih tanah,” jelas Dadang.

 

Lanjut pria dengan sapaan akrab Hengki tersebut, kantung parkir seluas 4,2 hektare berkapasitas 1.000 truk itu sekarang sudah bisa dipakai sebagian untuk transporter walau belum rampung.

 

BACA JUGA:Polres Bogor Berangkatkan 450 Warga Mudik Lewat Program Mudik Gratis

 

Pembangunan kantung parkir tersebut dibagi menjadi dua tahap. Pada tahap pertama ini pembangunan dilaksanakan di atas lahan seluas 4,2 hektare.

 

Hengki mengatakan secara keseluruhan total luas lahan yang akan digunakan untuk kantung parkir sekitar 10 hektare yang tersebar di dua lokasi.

 

Kemudian pada tahap kedua, Pemerintah Kabupaten Bogor akan membangun kantung parkir di Ruas Jalan Sudamanik, Kecamatan Parunggpanjang. Nantinya, kantung parkir ini mampu menampung lebih dari 2.000 kendaraan.

Sumber: