Lonjakan Kedatangan Pemudik di Terminal Cicaheum Kota Bandung

Lonjakan Kedatangan Pemudik di Terminal Cicaheum Kota Bandung

Potret pemudik di Terminal Cicaheum--Jabar Ekspres

RADAR JABAR - Kembalinya pemudik melalui terminal Cicaheum, Kota Bandung, mulai mengalami peningkatan. Menurut data dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, terjadi lonjakan kedatangan pada H+4 menjadi 1080 jiwa.

Dengan demikian, total jumlah pemudik yang masuk ke Kota Bandung mulai dari H+1 hingga H+4 adalah sebanyak 3.208 jiwa.

Berkaitan dengan rincian jumlah pemudik yang kembali masuk ke Kota Kembang, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara, menyatakan bahwa kemarin adalah hari terbanyak pemudik yang kembali ke Ibu Kota Jawa Barat.

BACA JUGA:Sejarah Singkat Berdirinya Kabupaten Bandung yang Kini Menginjak Usia 383 Tahun

“Ya betul, kemarin kedatangan pemudik mulai mengalami peningkatan menjadi 1080 jiwa. Ini terus naik, sebelumnya saat H+1 sebanyak 442, naik lagi jadi 811, di H+3 jadi 875,” ujarnya kepada Jabar Ekspres, Senin (15/4).

Ia mengungkapkan bahwa tren kenaikan kedatangan para pemudik diperkirakan akan terus meningkat. Hal ini didasarkan pada data tahun 2023 di mana H+7 mengalami lonjakan kedatangan paling tinggi.

“Ini bakal terus mengalami peningkatan. Tahun lalu, H+7 jumlah kedatangannya paling tinggi, sebanyak 1.497 pemudik,” paparnya.

BACA JUGA:Pemprov Jabar Segera Tertibkan Pungli di Masjid Al Jabbar

Meskipun demikian, pihaknya selalu siap dalam mengantisipasi lonjakan pemudik yang kembali masuk ke Kota Bandung melalui terminal Cicaheum. Sarana dan prasarana telah disiapkan untuk kenyamanan para pendatang.

Dia juga mengimbau agar masyarakat senantiasa memeriksa barang bawaannya. Hal ini bertujuan untuk memastikan agar kejadian yang tidak diinginkan dapat dihindari.

“Selalu cek barang bawaan, hindari penggunaan perhiasan menjolok guna menghindari hal yang tak diinginkan,” tutupnya. (Dam)*

Sumber: Jabar Ekspres