7 Tips untuk Menghindari Kantuk Saat Mudik di Hari Lebaran, Tetap Ingat Istirahat!

7 Tips untuk Menghindari Kantuk Saat Mudik di Hari Lebaran, Tetap Ingat Istirahat!

Ilustrasi untuk berkendara saat mudik-Michael_Pointner-Tangkapan Layar via Pixabay

Radar Jabar - Setelah berpuasa selama satu bulan penuh, umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Fitri atau hari Lebaran. Bagi orang Indonesia, Lebaran kerap dimanfaatkan untuk pulang kampung alias mudik ke kampung halaman.

 

Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat muslim Indonesia kala menjelang tibanya Hari Raya Idul Fitri. Dilakukan khususnya oleh mereka-mereka yang merantau atas alasan bekerja hingga menyelesaikan pendidikannya.

 

Hal paling identik dari mudik adalah pengalaman menempuh perjalanan jauh menuju kampung halaman. Alhasil tidak jarang seseorang merasakan kantuk ketika mudik karena akan berlama-lama di sepanjang perjalanan.

 

Kantuk tentu tidak bisa diabaikan terutama jika kalian berposisi sebagai pengendara saat mudik. Maka dari itu, kami akan memberikan sejumlah tips untuk menghindari kantuk ketika mudik Lebaran sebagaiman dihimpun dari berbagai sumber.

 

BACA JUGA: Menko PMK Tinjau Kesiapan Pengamanan Mudik Lebaran 2024 di Tol Cisumdawu Jawa Barat

 

1. Tetap Ingat untuk Tidur

 

Tidur tetap penting untuk kalian lakukan saat mudik di hari Lebaran. Pastikan tidur dengan waktu yang cukup yaitu tujuh sampai delapan jam sebelum berangkat mudik, dan paling sedikit tidur enam jam semalam sebelum mudik.

 

Sumber: