Polres Karawang Siapkan Beragam Rekayasa Lalu Lintas untuk Mengatasi Kemacetan Tol dan Arteri

Polres Karawang Siapkan Beragam Rekayasa Lalu Lintas untuk Mengatasi Kemacetan Tol dan Arteri

Ilustrasi kpadatan kendaraan di tol Jakarta-Cikampek di Kabupaten Karawang , Jawa Barat-Fakhri Hermansyah-ANTARA FOTO

Radar Jabar – Polres Karawang menyiapkan rekayasa lalu lintas serta cara bertindak dalam menangani potensi kemacetan yang terjadi di beberapa titik rawan macet jalur mudik wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

 

“Di wilayah hukum itu ada tiga jalur yang dilintasi pemudik, yakni jalur tol, jalur arteri dan jalur alternatif yang dibuka jika jalur arteri padat,” ucap Kapolres Karawang AKBP, Wirdhanto Hadicaksono, di Karawang, Kamis 4 April 2024, dikutip dari Antara.

 

Terdapat empat titik rawan atau potensi kepadatan arus lalu lintas saat mudik lebaran di wilayah Karawang di tiga jalur tersebut. Di antaranya pada KM 48 yang menjadi titik pertemuan arus jalan tol layang MBZ dengan jalur bawah jalan Tol Jakarta-Cikampek.

 

Selanjutnya di titik KM 56-67 jalan Tol Jakarta-Cikampek sebab ada rest area yang mengalami kepadatan kala buka puasa dan menjelang sahur.

 

BACA JUGA:Dedi Mulyadi Temukan Buruh Tani di Karawang Mendapat Upah Rendah

 

Titik rawan macet lainnya ada di jalan arteri Karawang tepatnya di Simpang Jomin dan jalan raya Tanjungpura.

 

Atas kondisi tersebut, pihak kepolisian dari Polres Karawang bakal membuat sejumlah upaya dalam pengaturan lalu lintas sampai menyiagakan personel demi kelancaran arus mudik.

 

Kapolres menyatakan pihaknya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas atau kiat bertindak untuk mengatasai potensi kemacetan di jalur mudik wilayah tersebut.

 

BACA JUGA:Bupati Karawang Janji Akan Prioritaskan Pembangunan di Area TPA Jalupang

 

Contraflow KM 36 Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 72 Jalan Tol Cipali bakal diterapkan untuk upaya kemacetan di jalur tol. Adalah Korlantas serta Dirlantas Polda Jawa Barat yang akan melakukan upaya itu.

 

Lalu pihak kepolisian dari Polres Karawang untuk antisipasi kemacetan di jalur arteri sudah melnutup 79 u-turn atau putaran balik di sepanjang jalan arteri. Ini mulai dari perbatasan Karawang-Bekasi sampai jalur Pantura perbatasan Karawang-Subang.

 

Selain itu, Wirdhanto menyebut pihak kepolisian juga menyiagakantim urai dari Satlantas Polres Karawang yang bertugas melakukan penangan apabila terjadi kepadatan arus lalu lintas. (KR-MAK).

 

Sumber: Antara.

Sumber: