Vicky Singmin Ungkap Kanada Titikberatkan Implementasi Kemitraan Strategis Dengan ASEAN

Vicky Singmin Ungkap Kanada Titikberatkan Implementasi Kemitraan Strategis Dengan ASEAN

Duta Besar Kanada untuk Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) Vicky Singmin.--ANTARA/Cindy Frishanti

RADAR JABAR - Duta Besar Kanada untuk ASEAN, Vicky Singmin, mengungkapkan bahwa fokus utama Kanada adalah pada implementasi kemitraan strategis dengan ASEAN. Selain itu, ia juga memberikan dukungan terhadap Pandangan ASEAN mengenai Indo-Pasifik.

Menurut Dubes Singmin dalam pertemuan di Jakarta pada Rabu malam (3/4), penerapan kemitraan strategis tersebut melibatkan perluasan kegiatan yang telah terbukti berhasil serta ekspansi ke sektor-sektor baru.

“Hal ini tentang memberi dampak, serta mengenali di mana kita harus menempatkan sumber daya, dan bagaimana kita harus melakukan sesuatu untuk membuat perbedaan,” ujar Dubes Singmin.

BACA JUGA:Gempa Bumi M 7,5 Dekat Taiwan Picu Peringatan Tsunami untuk Jepang, Taiwan, dan Filipina

Dubes Singmin menjelaskan bahwa Kanada memiliki program Beasiswa dan Pertukaran Pendidikan untuk Pembangunan (Scholarships and Education Exchanges for Development/SEED) Kanada-ASEAN.

Ia menyebutkan bahwa telah berdiskusi dengan peserta program tersebut dan menyatakan bahwa mereka sangat antusias untuk mengambil bagian dalam tahap selanjutnya.

BACA JUGA:25 Gempa Susulan Guncang Taiwan Hari Ini

Sebelumnya,pada tahun 2017, Kanada meluncurkan program beasiswa Kanada-ASEAN SEED yang memberikan kesempatan kepada siswa dari negara-negara anggota ASEAN untuk belajar atau melakukan penelitian singkat di institusi pasca-sekolah menengah Kanada dalam berbagai bidang.

Dalam konteks lain, Dubes Singmin juga menyebutkan bahwa Kanada tengah melakukan negosiasi perjanjian perdagangan bebas dengan ASEAN, menekankan bahwa hal tersebut merupakan salah satu prioritas utama bagi Kanada.

Sumber: antara