BUMN Apresiasi Langkah Kejagung Ungkap Kasus PT Timah

BUMN Apresiasi Langkah Kejagung Ungkap Kasus PT Timah

Staf Khusus III BUMN Arya Sinulingga sebut BUMN apresiasi Kejagung bongkar kasus PT Timah-Aji Cakti-ANTARA

Radar Jabar – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengapresiasi manuver Kejaksaan Agung (Kejagung) dalam mengungkap perkara dugaan korupsi tata niaga timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk. Ucapan apresiasi itu disampaikan oleh Staf Khusus (stafsus) III Menteri BUMN, Arya Sinulingga.

 

Masalah pencurian timah ini, kata dia, sudah berggulir lama tapi belum pernah terbongkar. Kejagung berhasil membongkar operasi-operasi pembobolan timah, dan langkah yang mereka lakukan pun mendapat apresiasi dari Kementerian BUMN.

 

“Memang langkah Kejaksaan Agung ini kita sangat apresiasi, sehingga jangan heran kalau mereka bisa membongkar secara sistematis semuanya, dan keterlibatan-keterlibatan pihak-pihak yang mengambil timah di IUP-nya PT Timah,” papar Arya di Jakarta, Kamis 28 Maret 2024, dikutip dari Antara.

 

BACA JUGA:KPU Permasalahkan Pemohon Anies-Muhaimin yang Baru Mengajukan Keberatan Terkait Gibran

 

Arya mengatakan Kementerian BUMN sebelumnya sempat berkoordinasi dengan Kejagung dalam beberapa bulan terakhir. Ini dalam upaya melakukan penyelidikan untuk pencurian maupun pengambilan timah yang berada di IUP PT Timah.

 

“Memang kami sudah tahu dan memang berkoordinasi juga dengan Kejaksaan Agung yang memang beberapa bulan terakhir ini, melakukan yang namanya penyelidikan terhadap pencurian atau[un pengambilan timah,” jelas dia.

 

Menurutnya, IUP PT Timah adalah yang terbesar di provinsi Bangka Belitung. Kendati demikian, dirinya mencermati banyak perusahaan dengan wilayah tambang lebih kecil namun punya hasil produksi timah yang lebih besar.

 

BACA JUGA:Pakar Ungkap Elite Politik Harus Menerima Putusan Mahkamah Konstitusi dengan Lapang Dada

 

Arya Sinulingga pun menyebut terbongkarnya kasus pencurian hasil timah sudah dinantikan oleh banyak pihak. Harapan dia, tidak ada lagi aksi pembobolan oleh perusahan lain ke depannya.

 

“Terbongkarnya kasus ini memang ditunggu oleh semua pihak, sehingga kita harap ke depan tidak ada lagi timah yang diambil dari konsesinya PT Timah,” imbuhnya.

 

Melansir dari Antara, Kejagung sudah menetapkan 16 orang tersangka seputar perkara dugaan korupsi tata niaga timah wilayah IUP PT Timah Tbk tahun 2015-2022. Sebanyak dua di antaranya ada Helena Lim crazy rich Bangka, serta Harvey Moeis suami dari artis Sandra Dewi.

Sumber: