Hubungan Antar Ras di India dan Konflik di Dalamnya

Hubungan Antar Ras di India dan Konflik di Dalamnya

Hubungan Antar Ras di India-Unsplash/Prashanth Pinha-

RADAR JABAR - India memiliki karakteristik dan budaya yang khas. Namun, sebagai negara yang pernah menjadi jajahan Britania, India mewarisi politik identitas yang buruk bagi warganya. Secara geografis, India terletak di bagian selatan benua Asia, dengan sebagian besar wilayahnya membentuk Semenanjung yang dikelilingi oleh air dari tiga sisi.

Samudra Hindia berada di selatan, Laut Arab di barat daya, dan Teluk Benggala di tenggara. Di sisi darat, India berbatasan dengan Pakistan di barat, China, Nepal, dan Bhutan di utara, serta Bangladesh dan Myanmar di timur.

Di sekitar Samudra Hindia, India memiliki kepulauan seperti Sri Lanka, Maladewa, dan Kepulauan Andaman dan Nikobar. Negara ini juga memiliki perbatasan maritim dengan Thailand, Myanmar, dan Indonesia.

Topografi India sangat beragam, mulai dari Gurun Thar di barat hingga hutan di timur laut. Daerah subur yang disebut dataran Gangga terletak di sebagian besar India Utara.

Dengan luas wilayah mencapai 3.287.263 km2, India merupakan negara terbesar ketujuh di dunia. Garis pantainya membentang sepanjang 7516,6 kilometer.

Keanekaragaman medan iklim membuat India mengalami berbagai macam cuaca. Di utara, musim panas dapat sangat panas dan musim dingin sangat ekstrem dengan suhu mencapai titik beku. India mengalami empat jenis musim yang berbeda, yaitu musim dingin, musim panas, musim hujan, dan pasca musim hujan.

BACA JUGA:5 Makanan India Paling Disukai untuk Berbuka Puasa

Beberapa daerah di India dapat mencapai suhu tinggi hingga 45 derajat Celsius pada musim panas, sementara suhu minimum turun serendah 15 derajat Celsius pada musim dingin.

Rata-rata suhu di musim dingin berkisar antara 10 hingga 15 derajat Celsius. Suhu tertinggi yang pernah tercatat di India adalah 50,6 derajat Celsius di Alwar, Rajasthan, sedangkan suhu terendah tercatat di Kashmir mencapai minus 45 derajat Celsius.

Zona iklim yang bervariasi di India mendukung sekitar 65.000 spesies hewan, termasuk gajah, ular sanca, lumba-lumba sungai, dan badak, serta 12.000 jenis tumbuhan berbunga. Di India, terdapat satu-satunya spesies singa Asia di dunia, yang berada di Gujarat.

India juga menjadi surga bagi para pengamat burung, yaitu di pantai Teluk Benggala, terdapat Sundar Bans, hutan bakau terbesar di dunia. Di sini, harimau berenang di sungai yang sama dengan lumba-lumba, penuh hiu, dan buaya air asin.

Namun, kegiatan manusia seperti berburu secara ilegal dan menebang pohon untuk kayu bakar telah mengancam kelestarian lingkungan.

Sejak agama Hindu pertama kali berkembang, penghormatan terhadap kehidupan binatang telah menjadi bagian penting dari kepercayaan masyarakat India.

Binatang, terutama sapi, dianggap suci dan tidak boleh disakiti. Mereka bahkan dibiarkan berkeliaran di jalan-jalan kota, yang seringkali menyebabkan kemacetan lalu lintas.

Sumber: geografyi