SMPN 1 Cimahi Implementasikan Prinsip Toleransi Antar Umat Beragama Melalui Kegiatan Ramadhan

SMPN 1 Cimahi Implementasikan Prinsip Toleransi Antar Umat Beragama Melalui Kegiatan Ramadhan

SMPN 1 Cimahi Implementasikan Prinsip Toleransi Antar Umat Beragama Melalui Kegiatan Ramadhan-SMPN 1 Cimahi Implementasikan Prinsip Toleransi Antar Umat Beragama-Jabar Ekspres/Mong

RADAR JABAR - SMPN 1 Cimahi mengambil langkah yang berani dengan mengimplementasikan prinsip toleransi antar umat beragama melalui sebuah acara sekolah yang bertujuan untuk memperkenalkan esensi toleransi dan kasih sayang di antara sesama umat manusia.

Menurut Faisal Akbar Taufik, Ketua Pelaksana Kegiatan Ramadhan, respons yang diterima dari pesantren Ramadhan yang diadakan di SMPN 1 Cimahi menunjukkan sesuatu yang luar biasa. Ramadhan bukan hanya bulan yang suci, tetapi juga bulan yang mulia.

"Dari SMPN 1 Cimahi sendiri akhirnya mengadakan acara pesantren yang bertemakan 'Dawai Ramadhan: Dekatkan Al-Qur'an, Tingkatkan Iman dan Takwa di bulan Ramadhan'," ucap Faisal. Dilansir dari laman Jabar Ekspres, 26/03/2024

Faisal menyatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya melibatkan siswa Muslim, tetapi juga siswa non-Muslim dari kelas 7 hingga kelas 9.

Sehingga, terdapat dua kegiatan yang diselenggarakan secara bersamaan, menekankan pentingnya menghargai dan menerapkan nilai toleransi di antara mereka.

"Ada yang namanya, kalau yang non-Muslim tempatnya di MPR atau Ruang Multi Proposroom, itu adalah kegiatan Bina Iman," lanjut Faisal.

 

BACA JUGA:Bencana Longsor Terjang Desa Cibenda, Ratusan Warga Mengungsi

 

Faisal juga mengungkapkan bahwa terdapat penganut agama lain seperti Hindu yang turut serta dalam kegiatan ini.

Mayoritas peserta adalah Muslim dengan jumlah sekitar 1.366 siswa, sementara penganut agama lainnya hanya sekitar 86 siswa.

"Tujuan utamanya adalah agar karakter anak didik dapat terus ditingkatkan, bahkan melebihi apa yang telah dicapai sebelumnya," ungkapnya.

Salah satu aspek yang menjadi fokus, terutama bagi kepala sekolah, adalah upaya untuk meningkatkan kualitas anak didik melalui kegiatan Ramadhan seperti ini.

"Program P5 tidak hanya bertujuan untuk pembentukan karakter, tetapi juga untuk memperkenalkan nilai-nilai toleransi kepada mereka," tambah Faisal.

Sumber: