Hasil Sesi Latihan Bebas 1 dan 2 F1 GP Australia: Norris dan Leclerc Tercepat

Hasil Sesi Latihan Bebas 1 dan 2 F1 GP Australia: Norris dan Leclerc Tercepat

Para pebalap ketika berkompetisi di GP Australia di Melbourne Grand Prix Circuit, Melbourne, Australia, 10 April 2022 lalu-REUTERS/Loren Elliott-ANTARA FOTO

Radar Jabar – Sesi latihan bebas pertama dan kedua Formula 1 (F1) Grand Prix (GP) Australia di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Jumat 22 Maret 2024, telah selesai. Hasilnya, pebalap McLaren Lando Norris dan Charles Lecrec dari Ferrari menjadi yang tercepat dalam masing-masing sesi.

 

Di sesi latihan bebas pertama, Norris menorehkan catatan waktu lap terbaik dengan 1 menit 18,564 detik. Pebalap berpostur 173cm ini unggul 0,018 detik saja dari sang juara bertahan Max Verstappen (Red Bull).

 

Di belakangnya ada George Russell (Mercedes) dengan torehan margin 0,033 detik dari Norris. Adapun Lecrec terpaut 0,002 detik saja dari Russell, dan mengungguli Yuki Tsunoda (RB) sebagai pelengkap lima besar dengan margin nyaris sedetik dari Norris.

 

BACA JUGA:Hasil Tes Pra-musim F1 2024 Ketiga di Bahrain: Charles Leclerc jadi yang Tercepat

 

Beberapa pebalap papan atas seperti Sergio Perez (Red Bull), Fernando Alonso (Aston Martin), sampai Lewis Hamilton (Mercedes) diterpa sejumlah masalah penyebab mobil keluar jalur di sesi pertama. Meski begitu, insiden tersebut tidak sampai membuat mereka mengalami cedera.

 

Selanjutnya di latihan bebas kedua, Charles Lecrec menjadi yang terbaik setelah mencatatkan waktu lap terbaik; 1 menit 17,277 detik. Pebalap asal Monaco ini berada di depan Verstappen sang peringkat kedua dengan selisih 0,381 detik.

 

Lalu di peringkat ketiga dengan terpaut hanya 0,43 detik dari Verstappen ada Carlos Sainz (Ferrari). Sainz baru saja dinyatakan layak untuk balapan setelah menjalani operasi usus buntu.

 

BACA JUGA:Ferrari Umumkan Nama Mobil untuk Musim Kompetisi F1 2024

 

Duo Aston Martin, Lance Stroll serta Alonso, memperbaiki performanya dari sesi pertama. Dengan margin masing-masing 0,545 detik serta 0,635 detik, mereka menjadi pelengkap daftar lima besar sesi latihan bebas kedua.

 

Pasca dua sesi latihan bebas hari ini dilaksanakan maka rangkaian Grand Prix Australia di Melbourne akan berlanjut dengan sesi latihan bebas ketiga dan sesi kualifikasi. Sesi latihan bebas ketiga bergulir pada Sabtu (23/3) pukul 08.30 WIB, kemudian dilanjutkan dengan sesi kualifikasi pukul 12.00 WIB.

 

Sementara itu, balapan utama F1 GP Australia dijadwalkan berlangsung hari Minggu (24/3) mulai pukul 11.00 WIB.

 

Sumber: Antara.

Sumber: