7 Makanan yang Dapat Memicu Naiknya Asam Lambung Atau GERD

7 Makanan yang Dapat Memicu Naiknya Asam Lambung Atau GERD

7 Makanan yang Dapat Memicu Naiknya Asam Lambung Atau GERD--Sumber gambar: freepik.com

RADAR JABAR - Berpuasa merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan di bulan Ramadan untuk menahan diri dari makan dan minum juga menahan diri dari hawa nafsu.

Namun, selama berpuasa, konsumsi makanan dan minuman tertentu pada saat berbuka atau sahur dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

Bagi yang memiliki riwayat GERD sangat penting untuk memilah dan memilih makanan apa saja yang akan masuk ke dalam tubuh guna untuk mencegah GERD itu kambuh.

 

Berikut adalah 7 makanan yang perlu diwaspadai karena dapat memicu naiknya asam lambung selama berpuasa:

 

1. Makanan Pedas

Konsumsi makanan pedas selama berbuka atau sahur dapat merangsang produksi asam lambung, meningkatkan risiko refluks asam, dan menyebabkan ketidaknyamanan pada lambung.

2. Makanan Berlemak Tinggi

Makanan berlemak tinggi seperti makanan berminyak atau digoreng selama berpuasa dapat memperlambat pencernaan dan menyebabkan peningkatan produksi asam lambung.

3. Makanan Asam

Buah-buahan asam seperti jeruk, lemon, dan tomat, serta makanan atau minuman yang mengandung cuka, dapat meningkatkan keasaman lambung dan memperburuk gejala GERD selama berpuasa.

 

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Pisang bagi Pengidap Asam Lambung, Cocok Untuk yang Sedang Berpuasa?

 

Sumber: