Cuaca Ekstrem! Ini 12 Daerah di Indonesia Berstatus Siaga dan Waspada Menurut BMKG

Cuaca Ekstrem! Ini 12 Daerah di Indonesia Berstatus Siaga dan Waspada Menurut BMKG

Daerah di Indonesia Berstatus Siaga dan Waspada Menurut BMKG-ilustrasi-(Sumber Gambar : Pixabay)

Radar Jabar - Sebagian besar wilayah Indonesia kembali dihadapkan pada ancaman cuaca ekstrem, dengan hujan lebat, petir, dan angin kencang mengintai. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah menetapkan status siaga dan waspada untuk 12 daerah yang rentan terdampak.

Daerah yang berstatus siaga termasuk Jawa Tengah, Banten, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Tengah. Sedangkan daerah dengan status waspada meliputi Lampung, Jawa Barat, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Maluku, dan Papua.

Peringatan dini juga menyebut potensi hujan lebat di wilayah Denpasar Bali, Jakarta Pusat, Jambi, Bandung Jawa Barat, Semarang, dan Ambon Maluku. Sementara BMKG memprediksi kemungkinan hujan disertai petir di Bandar Lampung dan Bengkulu pada pagi-siang hari.

Untuk wilayah lainnya, seperti Serang Banten, Yogyakarta, Gorontalo, Semarang, dan Surabaya, diprediksi akan berawan pada pagi dan malam hari.

 

BACA JUGA:BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem di Kota Semarang dan Pesisir Utara

 

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengingatkan bahwa potensi cuaca ekstrem bisa meningkat dalam beberapa hari ke depan karena adanya tiga Bibit Siklon Tropis yang berpengaruh di sekitar Samudera Hindia, Laut Timor, dan Laut Australia.

Bibit Siklon Tropis tersebut memiliki karakteristik dan pergerakan yang berbeda, dengan beberapa di antaranya memiliki potensi untuk berkembang menjadi siklon tropis. Meskipun intensitasnya berbeda, potensi dampak cuaca ekstrem tetap tinggi.

Selain itu, BMKG juga mengingatkan akan risiko bahaya gelombang tinggi dan banjir pesisir di sebagian besar wilayah pesisir Indonesia. Peringatan ini berdasarkan laporan peringatan dini gelombang tinggi yang dipublikasikan di media sosial Instagram @infobmkg. 

 

BACA JUGA:Antisipasi Cuaca Ekstrem: BMKG Ingatkan Potensi Hujan Badai dan Gelombang Tinggi di Sejumlah Wilayah Indonesia

 

Gelombang angin yang bergerak di wilayah utara umumnya memiliki kecepatan 10-35 knot, sementara di wilayah selatan terdampak oleh bibit siklon dengan kecepatan serupa. Potensi gelombang laut tinggi diperkirakan mencapai diameter 1,25 - 4 meter di sebagian besar perairan Indonesia hingga tanggal 16 Maret 2024.

Sumber: