Polresta Cirebon Tingkatkan Patroli Sahur Demi Cegah Terjadinya Kejahatan

Polresta Cirebon Tingkatkan Patroli Sahur Demi Cegah Terjadinya Kejahatan

Sejumlah personel Polresta Cirebon saat membagikan sembako dan makanan kepada masyarakat di Cirebon, Jawa Barat, di sela-sela kegiatan patroli sahur pada Rabu (13/3/2024) dini hari.--ANTARA/HO-Humas Polresta Cirebon

RADAR JABAR - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jawa Barat, meningkatkan kegiatan patroli pada waktu sahur sebagai langkah pencegahan terhadap tindakan kriminal selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah 2024.

Kombes Pol. Sumarni, Kepala Polresta Cirebon, menjelaskan bahwa dalam patroli tersebut, seluruh personel yang terlibat dikerahkan untuk melakukan patroli di jalur arteri yang meliputi Jalan R. Dewi Sartika hingga Jalan Otto Iskandar Dinata untuk mengawasi situasi di tengah masyarakat.

Sumarni menyebutkan bahwa petugas selalu mengingatkan warga untuk segera melaporkan kejadian kejahatan melalui layanan call center 110 Polresta Cirebon jika mereka melihat tindakan kriminal di sekitar mereka.

BACA JUGA:Kabar Bahagia! Pemerintah Kabupaten Bandung Gelar Mudik Gratis 2024, Cek Info Selengkapnya Disini!

Patroli sahur ini dilaksanakan oleh 27 Polsek di Polresta Cirebon. Kami memastikan setiap laporan yang diterima langsung ditindaklanjuti. Jadi warga diimbau untuk melapor jika melihat adanya potensi tindak kejahatan,”  ujarnya.

Sumarni menekankan bahwa patroli sahur dilakukan untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, terutama selama bulan puasa. Dia juga meminta partisipasi aktif dari masyarakat karena hal tersebut sangat penting untuk menjaga keamanan lingkungan di wilayah hukum Polresta Cirebon.

“Kegiatan patroli sahur kami lakukan rutin dalam rangka upaya cipta kondisi dan mewujudkan situasi yang kondusif selama bulan Ramadhan,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa petugas juga membangunkan masyarakat melalui pengeras suara pada waktu sahur dan membagikan paket sembako serta makanan kepada warga yang membutuhkan.

BACA JUGA:Kemeriahan Peresmian Pasar Awi Campernik di Ekowisata Cimahi

Sebelum memasuki awal bulan Ramadhan, pihaknya telah menggelar patroli di sejumlah wilayah Kabupaten Cirebon dengan sasaran yang berbeda-beda, melibatkan Tim Blue Light Patrol Satlantas dan Raimas Macan Kumbang 852 dari Polresta Cirebon.

Menurut Sumarni, tim khusus itu berhasil mengamankan delapan pelaku yang diduga hendak melakukan tawuran serta menyita barang bukti berupa beberapa senjata tajam pada Senin (11/3) dini hari.

Dia menyatakan bahwa melalui patroli yang dilakukan secara masif, Polresta Cirebon berusaha memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat dengan mencegah tawuran dan tindakan kriminal lainnya.

“Kami mengimbau para orangtua untuk mengawasi kegiatan anak-anaknya. Khususnya pada malam hari agar mereka tidak terlibat perbuatan melanggar hukum,” tambahnya.*

Sumber: antara