Ketahui! 7 Manfaat Olahraga Ringan saat Puasa Agar Tubuh Tetap Bugar

Ketahui! 7 Manfaat Olahraga Ringan saat Puasa Agar Tubuh Tetap Bugar

Manfaat Olahraga Ringan saat Puasa Agar Tubuh Tetap Bugar--Istimewa

RADAR JABAR - Puasa merupakan salah satu ibadah yang dilakukan umat Muslim di seluruh dunia selama bulan Ramadhan. Selama bulan Ramadhan, umat Muslim menahan diri dari makanan, minuman, serta aktivitas yang mungkin dapat membatalkan Puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Meskipun sedang berpuasa, penting untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dan olahraga ringan dapat menjadi pilihan yang tepat.

Berikut adalah 7 manfaat olahraga ringan saat Puasa yang perlu Anda ketahui:

1. Meningkatkan Energi

Meskipun mungkin terdengar kontradiktif, tetapi olahraga ringan seperti jalan kaki atau stretching dapat meningkatkan energi Anda saat puasa.

Olahraga ringan membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh, memberikan dorongan energi yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Memperbaiki Pencernaan

Olahraga ringan dapat membantu memperbaiki pencernaan Anda selama bulan puasa. Gerakan tubuh ringan membantu merangsang pergerakan usus dan mengurangi risiko sembelit yang mungkin dialami saat berpuasa. Dengan demikian, Anda dapat menjaga kesehatan pencernaan Anda selama bulan Ramadhan.

 

BACA JUGA:7 Buah-buahan yang Dapat Mengatasi Rasa Haus Selama Puasa di Bulan Ramadhan

 

3. Menjaga Fleksibilitas Tubuh

Olahraga ringan seperti stretching atau yoga dapat membantu menjaga fleksibilitas tubuh Anda. Selama bulan puasa, tubuh cenderung menjadi kaku karena kurangnya aktivitas fisik. Melakukan olahraga ringan secara teratur dapat membantu menjaga kelenturan otot dan sendi Anda.

4. Mengurangi Kecemasan dan Stres

Bulan Ramadhan adalah waktu untuk merenung dan mendekatkan diri kepada Allah. Namun, kadang-kadang tekanan hidup sehari-hari dapat menyebabkan kecemasan dan stres.

Olahraga ringan seperti meditasi atau tai chi dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan dan stres Anda. Melalui gerakan yang lembut dan pernapasan yang dalam, Anda dapat menenangkan pikiran dan mencapai kedamaian batin.

 

BACA JUGA:5 Cara Menjaga Keseimbangan Untuk Tetap Konsisten Berolahraga Saat Berpuasa

 

5. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Olahraga ringan dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus Anda selama bulan puasa. Gerakan tubuh yang lembut dan pernapasan yang terfokus membantu membersihkan pikiran dari gangguan dan meningkatkan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi pada ibadah dan aktivitas sehari-hari.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sumber: