Ramadhan Telah Tiba! Berikut Amalan-amalan dan Doa 10 Hari Pertama Ramadhan

Ramadhan Telah Tiba! Berikut Amalan-amalan dan Doa 10 Hari Pertama Ramadhan

Ramadhan Telah Tiba! Berikut Amalan-amalan dan Doa 10 Hari Pertama Ramadan-amalan 10 Hari Pertama Ramadan-freepik

RADAR JABAR - Bulan Ramadhan telah tiba, menjadi momen yang dinanti-nanti oleh umat Islam sebagai kesempatan untuk mendulang pahala sebanyak-banyaknya dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ramadhan memiliki keutamaan yang luar biasa, terbagi dalam tiga fase, di mana sepuluh hari pertama dipenuhi dengan rahmat, sepuluh hari kedua dengan ampunan, dan sepuluh hari ketiga dengan terbebas dari api neraka.

Rasulullah SAW menjelaskan keutamaan ini dalam hadis yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi.

 

Keutamaan 10 Hari Pertama Ramadhan

 

1.    Pintu Rahmat yang Terbuka Lebar

Pada sepuluh hari pertama bulan Ramadhan, umat Islam diajak untuk mengumpulkan pahala dan ibadah sebanyak-banyaknya, karena pintu rahmat Allah terbuka lebar. Setiap kebaikan yang dilakukan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

2.    Waktu Tepat untuk Berdoa

Pada periode ini, umat Islam dapat memanfaatkan waktu-waktu utama, seperti saat azan berkumandang, berpuasa, sahur, dan malam Lailatul Qadr, untuk melantunkan doa. Sepuluh hari pertama Ramadhan dianggap sebagai waktu yang paling tepat untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.

 

BACA JUGA:Pahami, Inilah 10 Hal yang Harus Dihindari Selama Bulan Ramadhan

 

3.    Dibukanya Pintu Ampunan

Salah satu keistimewaan pada sepuluh hari pertama Ramadhan adalah dibukanya pintu ampunan Allah SWT. Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan soleh dengan niat memperoleh pahala dan ampunan. Rasulullah SAW mengajarkan bahwa berpuasa Ramadhan dengan keimanan akan mengampuni dosa-dosa yang telah lalu.

Sumber: