Ini Alasan Penyebab Pesawat Lion Air Berputar-putar di Langit Binjai

Ini Alasan Penyebab Pesawat Lion Air Berputar-putar di Langit Binjai

Ini Alasan Penyebab Pesawat Lion Air Berputar-putar di Langit Binjai--Antara news

RADAR JABAR- Beredar sebuah video kabar bahwa pesawat Lion Air yang membawa rombongan umroah berputar-putar di langit Kota Binjai, Sumatera Utara, lalu mendarat di Bandara Kualanamu. Pihak maskapai Lion Air menyampaikan peristiwa itu karena ada penutupan udara di Wilayah Sri Lanka.

“Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-106 dari Surabaya menuju Jeddah melakukan pengalihan pendaratan ke Bandar Udara Internasional Kualanamu. Hal ini dilakukan karena adanya perubahan waktu berlakunya pemberitahuan resmi (NOTAM) dari otoritas di Sri Lanka yang menyatakan penutupan sementara wilayah udara di sana,” ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan rilisnya, Selasa (12/3/2024).

“Pengalihan pendaratan ke bandar udara alternatif merupakan prosedur stnadar dalam operasional penerbangan yang bertujuan untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan,” ucapnya.

Danang memastikan bahwa pendaratan di bandara alternatif itu bukan masalah terkait teknis pesawat. Termasuk saat peswat berputar-putar sebelum mendarat di Bandara Kualanamu.

“Pengalihan pendaratan di bandar udara alternatif ini bukan disebabkan oleh masalah teknis pesawat. Sebelum mendarat, peswat melakukan holdidng (terbang mengeliling) di udara untuk beberapa waktu dengan ujuan mengurangi berat pesawat melalui pemakaian bahan bakar,” jelasnya.

“Hal ini adalah langkah yang diambil agar pendaratan sesuai dengan limitasi pesawat (berat pesawat saat melakukan pendaratan)” ucapnya.

Setelah pesawat mendarat di Bandara Kualanamu, pesawat menunggu wilayah udara Sri Lanka dibuka. Saat ini, peswat sudah berada dalam perjalanan menuju Jeddah.

Sumber: