Kapan Jadwal Puasa Ramadhan 2024?Simak Penjelasan Dari Pemerintah!

Kapan Jadwal Puasa Ramadhan 2024?Simak Penjelasan Dari Pemerintah!

Kapan Jadwal Puasa Ramadhan 2024?--pixabay

RADAR JABAR- Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia, bulan ini juga merupakan bulan yang wajib dikerjakan sesuai dengan rukun Islam keempat yakni puasa.

Akan tetapi kapan ya bulan Puasa Ramdhan tahun 2024 dimulai?

Di tahun 2024 ini, awal puasa Ramadhhan berpotensi jatuh di tanggal yang berbeda. Karena peneteapannya dikeluarkan ileh organisasi-organisasi Islam dan pemerintah dengan metode perhitungan yang berbeda.

Untuk mengetahui tanggalnya berikut adar.diswa.id telah merangkum dari beberapa sumber simak penjelasannya!

Kapan Jadwal Puasa Ramadhan 2024?

Dilansi dari kalender Islam Tahun 2024, awal puasa secara umum ditetapkan berdasrkan kemungkinan rukyatul hilal atau pengamata global, namun dari hasil pengamtan itu, awal bulan puasa tahun 2024 diperkirakan jatuh pada tanggal 12 Maret 2024.

Akan tetapi keputusan tersebut belum ada pengumuman resmi dari pihak pemerintah dan berbagai macam organisasi Islam lainnya di Indonesia.

Berikut jadwal puasa Ramadhan tahun 2024 berdasarkan pihak pemerintah, simak penjelasannya!

Kapan Puasa Ramadhan 2024 versi Pemerintah?

Berdasarkan kalender Islam Hijriah tahun 2024 yang dirilis oleh Kemenag RI, awal puasa Ramadhan 2024 ini akan dimulai pada selasa 12 Maret 2024.

Namun, tanggal tersebut belum ditetapkan secara resmi sebagai awal bulan Ramdhan tahun 2024. Kemenag RI perlu melaksanakan sidang isbat terlebih dahulu untuk menentukan puasa Ramadhan 2024 dari pengamatan hilal.

Dilannsir dari laman resm Kemenag RI, sidang isbat sendiri akan dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Maret 2024. Oleh karena itu awal Puasa Ramadhan versi pemerintah hanya akan diketahui setelah sidang isbat dilaksanakan.

Berikut jadwal sidang isbat yang akan dilaksanakan besok:

Hari/Tanggal: Minggu, 10 Maret 2024

Waktu: 17.00 WIB- Selesai

Tempat: Auditorium HM Rasjidi Kementerian agama, Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat.

 

Nah itulah jadwal puasa Ramadhan tahun 2024 yang dilaksanakan oleh pemerintah, mari kita nantikan informasi lebih lanjutnya besok ya!

Sumber: