7 Tempat Wisata Religi Berbagai Agama Paling Ramai di Dunia

7 Tempat Wisata Religi Berbagai Agama Paling Ramai di Dunia

Tempat Wisata Religi Paling Ramai di Dunia-Pixabay/Konevi-

RADAR JABAR - Kami akan menghadirkan destinasi wisata religi yang bisa anda kunjungi di berbagai belahan dunia. Traveling mungkin identik dengan menghabiskan uang bersenang-senang dan membebaskan diri dari rutinitas yang mendekat.

Namun sepertinya kamu perlu sesekali merasakan sensasi traveling yang berbeda. Selain kebutuhan fjiwa untuk bersenang-senang, kita pasti memerlukan kebutuhan spiritual terhadap Sang Maha Pencipta.

Bukan cuma untuk bersenang-senang, setelah pulang dari tempat ini, mungkin akan semakin tenang dan menemukan makna kehidupan, menguatkan keimanan, sekaligus menghargai sesama dan keyakinan lain yang ada di belahan penjuru dunia.

7 Tempat Wisata Religi Paling Ramai di Dunia

Berikut 7 destinasi wisata religi terpopuler di dunia yang paling ramai dikunjungi oleh setiap umatnya yang tersebar di seluruh dunia.

1. Varanasi - India

Varanasi, atau disebut juga Benares, Banaras, atau Kashi, adalah kota suci agama Hindu di tepi Sungai Ganga. Tempat ini kerap disebut sebagai rumah keselamatan. Ada juga homestay untuk kelompok lansia yang ingin menghabiskan sisa hidupnya di kota ini.

2.  Mekkah - Arab Saudi

Kota yang satu ini adalah tujuan impian para umat Muslim. Sekitar 13 juta orang mengunjungi  Mekkah setiap tahunnya untuk melaksanakan ibadah haji, angka ini menempatkan  Mekkah di urutan kedua sebagai kota yang paling banyak dikunjungi para peziarah.

BACA JUGA:7 Wisata Religi Islam di Indonesia, Bisa Berziarah dan Menambah Pengetahuan!

Di kota ini terdapat bangunan Masjidil Haram dan Ka'bah di dalamnya, serta dijadikan patokan arah kiblat bagi seluruh umat Muslim di dunia. Kota  Mekkah berada di sekitar 600 km di selatan Madinah.

Umat Islam dari seluruh dunia mengunjungi kota Mekkah tidak hanya untuk ibadah haji dan umroh, tapi juga sebagai turis untuk mengunjungi landmark wilayah ini seperti Masjid Aisyah dan situs yang dikunjungi oleh jemaah haji dan umroh.

 Mekkah sekarang menjadi rumah bagi dua bangunan termahal di dunia, yaitu Masjidil Haram yang senilai 100 miliar USD dan kompleks menara Abraj Al Bait yang senilai 15 miliar USD. Ada banyak tempat menarik di  Mekkah seperti misalnya Jabal Rahmah.

 Jabal Rahmah ini adalah sebuah gunung kecil atau bukit di Arafah yang sangat bersejarah bagi umat Muslim di seluruh dunia. Pasalnya, di tempat inilah Adam dan Hawa bertemu setelah diturunkan ke bumi. Dari sini, sejarah umat manusia dimulai.

Ada juga Jabal Tsur dengan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah. Ada banyak juga wisata modern di sini seperti menara jam tertinggi di dunia hingga Makkah Mall yang merupakan tempat melelang dan membeli barang berharga.

Maka juga disebut tanah haram karena daerah ini diharamkan atas perbuatan zalim seperti memburu binatang, menebang pohon, mencuri, hingga membunuh.

3. Jianshui - China

Jianshui adalah kota yang terletak di provinsi Yunnan, Cina. Di kota ini terdapat sebuah kuil Konghucu yang termasyhur. Kuil ini menjadi tempat ibadah atau pemujaan bagi penganut Konghucu. Kuil ini juga merupakan kuil Konfusius terbesar kedua setelah yang ada di Shandong, tempat lahir sang filosofi.

Sumber: