Jangan Sembarang Simpan! Ini 8 Makanan Kesukaan Jin dan Setan

Jangan Sembarang Simpan! Ini 8 Makanan Kesukaan Jin dan Setan

8 Makanan Kesukaan Jin dan Setan-Pixabay/Edited/RJ-

RADAR JABAR - Di dunia ini, manusia hidup berdampingan dengan jin, namun hakikatnya manusia tidak bisa melihat keberadaan mereka. Ternyata ada sederet makanan jin yang biasa kita temukan di kehidupan sehari-hari manusia.

Jin, setan, dan iblis merupakan makhluk Allah yang diciptakan secara gaib. Mereka juga butuh makan dan minum seperti manusia.

Maka, pertanyaan tentang makanan apa yang mereka makan menjadi menarik, di mana makhluk gaib yang tidak terlihat ternyata butuh makan dan minum untuk bertahan hidup.

Sebagian dari kita mungkin pernah berpikir apakah para Jin ini makanannya sama seperti bakteri karena bakteri tidak terlihat seperti jin. Ternyata tidak, mereka makan dengan makanan yang ada di sekitar kita.

8 Makanan Jin dan Setan

Berikut ini adalah 8 daftar makanan kesukaan jin, setan, dan makhluk gaib yang telah dijelaskan dalam hadis dan Alquran.

1. Tulang

Tidak hanya anjing dan kucing yang sangat menyukai tulang, ternyata Jin juga sangat menyukainya. Sebaiknya, jika kita telah menyantap daging atau ikan, tulang tersebut segera dibuang di tempat sampah dan jangan disimpan di rumah, karena itu dapat mengundang Jin untuk bersantap bersama kita.

BACA JUGA:7 Tanaman yang Jangan Ditanam Dekat Rumah Menurut Ajaran Islam

Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW, “Tulang dan kotoran merupakan makanan jin. Aku pernah didatangi rombongan utusan jin dari Nusaibin, dan mereka adalah bangsa jin yang terbaik. Mereka meminta bekal kepadaku, lalu aku berdoa kepada Allah agar mereka tidak memakan tulang dan kotoran manusia, melainkan mereka mendapatkannya sebagai makanan.”

Kedua makanan tersebut termasuk makanan jin, dan dalam hadis riwayat Bukhari, disebutkan bahwa jika jin atau setan mengambil tulang bekas makanan manusia, maka tulang itu atas izin Allah SWT akan tiba-tiba penuh dengan daging, dan mereka bisa memakannya.

Sedangkan kotoran binatang seperti sapi, kambing, ayam, unta, dan lain sebagainya akan menjadi makanan bagi hewan peliharaan jin dan setan. Ternyata, kehidupan bangsa jin juga mirip dengan manusia, karena mereka juga memiliki hewan peliharaan atau ternak.

Ibnu Salam berkata, "Setiap kotoran hewan yang sudah kering akan kembali menjadi rumput segar untuk hewan ternak bangsa jin." Hal ini menunjukkan bahwa bangsa jin juga memelihara hewan seperti manusia, meskipun bentuknya saja yang berbeda dan tidak kita ketahui.

2. Makanan yang Tidak Disebut Dengan Nama Allah

Dari Sa’id bin Jubair yang mendapatkan Riwayat dari Sayyidina Abdullah bin Abbas, bahwa Rasulullah pernah bersabda: “(Iblis) kepada Allah, Iblis pernah berkata, ‘Tuhanku, semua makhluk telah Engkau jelaskan rezekinya, lalu di manakah rezeki bagiku?’ Maka Allah berfirman dengan menjawab pertanyaan iblis tersebut, ‘Di dalam makanan yang tidak disebutkan nama-Ku’. (HR. Adh-Dhiya)

Setiap makanan yang tidak disebutkan nama Allah SWT saat memakannya, sangat disukai oleh setan. Karena itu adalah rezeki bagi mereka.

Oleh karena itu, Rasulullah SAW pernah bersabda kepada anaknya, “Wahai anakku, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah makanan yang berada di dekatmu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Kotoran

Sumber: jazirah ilmu