Kapan Awal Puasa Ramadhan 2024 Dimulai? Simak Jawabannya Disini!

Kapan Awal Puasa Ramadhan 2024 Dimulai? Simak Jawabannya Disini!

awal puasa Ramadhan 2024 Dimulai-ilustrasi-(Sumber Gambar: Pixabay)

Radar Jabar - Penetapan awal puasa Ramadhan menjadi hari yang paling ditunggu oleh seluruh umat muslim di dunia termasuk di Indonesia. Bulan penuh berkah ini memiliki keistimewaan tersendiri dibanding bulan lainnya sehingga begitu spesial. 

Bulan Ramadhan akan segera tiba, namun banyak yang belum tahu tentang kapan tepatnya awal bulan puasa ini dimulai. Berikut jadwal kapan awal puasa Ramadhan 2024 versi NU, Muhammadiyah dan pemerintah.

Masyarakat menantikan kepastian kapan Ramadan 2024 akan dimulai. Pemerintah, Nahdlatul Ulama (NU), dan Muhammadiyah, telah memberikan pandangannya mengenai awal puasa Ramadhan tahun ini.

1.Pemerintah

Dilihat dari kalender hijriah Indonesia Tahun 2024 Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag memandang bahwa awal puasa akan jatuh pada tanggal 12 Maret 2024, tetapi penentuannya akan dilakukan pada Sidang Isbat.

Namun, tanggal tersebut belum bisa dipastikan sebagai awal Ramadhan 2024 secara resmi di Indonesi.

Karena  Kemenag RI perlu melaksanakan sidang isbat terlebih dahulu untuk menentukan awal puasa Ramadhan dari pengamatan hilal untuk menentukan awal Ramadhan. 

Melansir laman resmi Kemenag RI yang dikutip @Radar Jabar.disway.id, sidang isbat penetapan awal puasa Ramadhan 2024 akan dilaksanakan pada Minggu, 10 Maret 2024. Awal puasa Ramadhan versi pemerintah hanya akan diketahui setelah sidang isbat dilaksanakan.

 

BACA JUGA:Penentuan Awal Puasa Ramadhan 2024 Menurut Kementrian Agama

 

2. NU

Sementara itu, Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) telah mengeluarkan pernyataan yang memprediksi bahwa awal puasa Ramadhan 2024 akan dimulai pada 12 Maret 2024.

Mereka melakukan pengamatan posisi hilal pada 29 Syaban 1445 H. Tetapi, keputusannya akan menunggu hasil Sidang Isbat.

 

BACA JUGA:Kapan Puasa Ramadhan Versi NU? Cek Infonya!

Sumber: berbagai sumber