Indonesia Manfaatkan Peluang Penyaluran Bantuan Melalui Udara di Gaza

Indonesia Manfaatkan Peluang Penyaluran Bantuan Melalui Udara di Gaza

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo (kanan) meninjau alutsista TNI di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Jumat (8/3)--ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden RI

RADAR JABAR - Pemerintah Indonesia segera memanfaatkan kesempatan untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina di Gaza melalui jalur udara.

Pernyataan ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah melakukan peninjauan proses simulasi penyaluran bantuan kemanusiaan melalui jalur udara di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, pada hari Jumat (8/3).

"Kita tadi melihat demonstrasi penurunan bantuan yang akan segera kita lakukan di Gaza karena Indonesia merupakan salah satu negara yang diberi kesempatan untuk memberikan bantuan ke Gaza, kepada rakyat Palestina melalui jalur udara karena jalur darat sudah sulit," ujar Presiden melalui Sekretariat Presiden di Jakarta.

BACA JUGA:Muhammadiyah Usulkan Ditiadakannya Sidang Isbat Awal Ramadhan 2024 untuk Hemat Anggaran Negara

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa bantuan tersebut akan dikirimkan menggunakan pesawat Hercules melalui jalur udara. Dalam simulasi tersebut, sejumlah pesawat Hercules dan helikopter melakukan aksi melepaskan kotak bantuan dari ketinggian tertentu.

"Tadi kita coba terlebih dahulu kira-kira akan seperti apa dengan menggunakan pesawat Hercules dan ini akan segera kita bawa bantuan ke Gaza dan didrop dari udara dengan pesawat Hercules kita. Tadi sudah disimulasi dan saya melihat hasilnya baik," ujar Jokowi.

BACA JUGA:Kemenag Sebut Sidang Isbat sebagai Platform Kolaboratif Dalam Proses Pengambilan Keputusan

Ia menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memberikan dukungan kepada rakyat Palestina. Dengan bantuan ini, Indonesia berharap dapat meringankan beban yang dihadapi oleh masyarakat di Gaza.

Sebelumnya, pada Desember 2023, Pemerintah Indonesia berjanji akan meningkatkan jumlah kontribusi kepada Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) hingga tiga kali lipat lebih banyak di tahun ini. Pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan kemanusiaan tahap pertama untuk Gaza pada Sabtu, 4 November 2023.

BACA JUGA:Mahfud MD Sebut Pemilu 2024 yang Terburuk Karena Politik Gentong Babi

Total bantuan yang dikirimkan adalah 51,8 ton dan merupakan gabungan dari berbagai pihak. Dari total tersebut, 7 ton di antaranya adalah bantuan kemanusiaan yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan. Bantuan yang dikirimkan pada tahap pertama berupa obat-obatan, kit kebersihan, makanan bergizi, dan bantuan logistik lainnya yang dibutuhkan masyarakat Gaza, Palestina.

Pemerintah Indonesia kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Gaza, Palestina berupa perlengkapan rumah sakit dan obat-obatan senilai Rp31,9 miliar. Pelepasan bantuan tersebut dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta, pada hari Senin (20/11).*

Sumber: antara