4 Alasan Orang Cina Suka Menabung dan Menghemat Uang

4 Alasan Orang Cina Suka Menabung dan Menghemat Uang

Cara orang Cina menabung-Ilustrasi/Unsplash-

RADAR JABAR – Kami akan memaparkan bagaimana cara orang Cina menabung yang memahami budaya mereka dalam hal menghemat uang. Hari ini, saya ingin membagikan kepada kalian fakta yang paling mencengangkan tentang masyarakat Cina.

Mereka banyak yang memiliki tabungan yang luar biasa tinggi, mencapai 46,7% pada Desember 2022. Artinya, untuk setiap 100 USD yang mereka hasilkan, mereka akan hemat sekitar 47 USD.

Ini berbeda dengan negara kita yang sangat fokus pada budaya konsumtif, dengan tingkat tabungan orang Indonesia biasanya hanya antara 2 sampai 3%. Angka ini sangat kecil.

Alasan Orang Cina Suka Menabung

Ini adalah sesuatu yang akan kita bahas di sini. Mengapa orang Cina sangat pandai menabung?

1. Anti Feodalisme

Sebagai orang Indonesia, kita seringkali tergoda oleh berbagai tawaran jualan diskon seperti diskon pakaian 80%, diskon barang elektronik, opsi keuangan seperti uang muka KPR atau cicilan mobil atau motor yang rendah, dan bahkan tekanan untuk mengimbangi gaya hidup tetangga-tetangga kita.

BACA JUGA:10 Kalimat Untuk Menolak Permintaan Pinjaman Uang dengan Sopan dan Bijaksana

Alasan dari ini semua sebenarnya berasal dari masa penjajahan Belanda dan Jepang. Ini bukan berarti kami menyalahkan masa lalu, tapi budaya ini diakui atau tidak, berasal dari zaman itu. Pada saat itu, orang akan dianggap lebih baik dari orang lain.

Jika kita benar-benar mampu bergaya hidup konsumtif, kita terlibat dalam budaya feodalisme di mana kita berlomba-lomba untuk menjadi lebih baik, lebih unggul, dan bahkan senang melihat orang lain status sosialnya ada di bawah kita.

Masih ingat pelajaran sejarah tentang cultur stesell di mana komisi diberikan pada pembebas lahan untuk lahan tanam paksa? Sejak saat itu, budaya kita mulai bergeser dari budaya Nusantara menjadi budaya feodalisme - budaya yang menindas yang lemah dan berusaha menonjolkan diri lebih dari orang lain. Sehingga, budaya konsumtif dianggap sebagai tren untuk meningkatkan status sosial seseorang.

2. Tak Terpengaruh Budaya Konsumtif

Ketika kita baru merdeka, pemerintah berusaha menggencot pendapatan dalam negeri untuk kemajuan ekonomi negara kita dengan menghidupkan perdagangan dan budaya konsumtif menjadi hal yang tak terelakan. Di negara Cina, hal itu sangat berbeda. Mereka sangat menekankan penghematan uang karena arti pentingnya bagi mereka, dan juga karena masalah demografi negara mereka.

BACA JUGA:Mengapa Saat Kita Irit Uang jadi Sedikit, Tapi Saat Boros Uang Malah Semakin Banyak? Begini Konsepnya

Kalian juga akan menemukan keengganan besar untuk menganggarkan biaya pengeluaran untuk membeli barang-barang di Cina. Seringkali, orang Cina pada saat ingin membeli barang-barang lebih memilih membayar secara tunai daripada membiayainya dengan berhutang.

Cara Orang Cina Menghemat Uang

Sekarang, mari kita bahas alasan mengapa orang Cina suka menghemat uang. Menurut saya, ini sangat menarik karena jika kalian memahami dengan baik mengapa orang Cina suka sekali menabung uang, itu akan membantu kalian memiliki alasan yang kuat dan mampu untuk menabung uang juga.

1. Menganggap Uang Sangat Berharga

Alasan pertama mengapa orang Cina ingin menghemat uang adalah arti dari uang itu sendiri dan apa artinya bagi mereka. Ketika masih anak-anak, orang Cina diajari sejak usia dini bahwa menabung adalah suatu kehormatan.

Sumber: