5 Tips Menghilangkan Bau Sepatu Mudah Tanpa Ribet

5 Tips Menghilangkan Bau Sepatu Mudah Tanpa Ribet

Ilustrasi--Freepik

RADAR JABAR - Bingung mengapa bau sepatu masih terus menempel? Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai tips menghilangkan bau sepatu dengan mudah, dengan bahan-bahan yang mudah ditemui.

Sepatu adalah salah satu barang yang digunakan setiap hari, baik untuk kegiatan sehari-hari maupun aktivitas olahraga. Namun, seiring dengan penggunaan yang sering, sepatu dapat menghasilkan bau yang tidak sedap.

Bau pada sepatu umumnya disebabkan oleh kelembapan dan pertumbuhan bakteri di dalamnya. Jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan memberikan tips menghilangkan bau di sepatu dengan mudah. Simak dengan baik!

1. Menggunakan Baking Soda

Baking soda adalah salah satu bahan rumah tangga yang efektif dalam menghilangkan bau tidak sedap. Untuk menggunakan baking soda dalam sepatu, cukup taburkan sedikit baking soda di dalam sepatu dan biarkan semalaman.

Baking soda akan menyerap bau yang ada di dalam sepatu. Setelah itu, cukup keluarkan baking soda dari sepatu dan bersihkan sisa-sisa baking soda yang mungkin tersisa.

Selain itu, anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender atau peppermint ke dalam baking soda untuk memberi aroma yang segar pada sepatu anda.

BACA JUGA:10 Merek Sepatu Pria Pilihan yang Stylish dan Trendy!

2. Menggunakan Kertas Koran

Kertas koran ternyata bukan hanya berguna untuk membungkus barang-barang, tetapi juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau di sepatu. Cara penggunaannya sangat mudah, gulung beberapa lembar kertas koran dan masukkan ke dalam sepatu anda.

Biarkan sepanjang malam agar kertas koran dapat menyerap bau yang ada di dalam sepatu. Kertas koran juga efektif dalam menyerap kelembapan yang merupakan penyebab utama bau pada sepatu. Setelah itu, keluarkan kertas koran dari sepatu anda dan bersihkan sisa-sisa kertas koran yang mungkin tersisa.

3. Menggunakan Kapur Barus

Kapur barus memiliki aroma yang kuat yang dapat menetralisir bau tidak sedap pada sepatu. Cara penggunaannya sangat sederhana, cukup letakkan beberapa potongan kapur barus di dalam sepatu semalaman.

Biarkan kapur barus bekerja dalam menyerap dan menghilangkan bau yang ada di dalam sepatu. Kapur barus juga dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau. Setelah itu, keluarkan kapur barus dari sepatu sebelum dipakai.

BACA JUGA:Mengembalikan Kebersihan dan Keindahan Sol Sepatu yang Menguning

4. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih tidak hanya digunakan sebagai obat flu atau pereda sakit kepala, tetapi juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau di sepatu. Campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan sedikit air dalam wadah semprot.

Semprotkan campuran tersebut di dalam sepatu dan biarkan mengering dengan sendirinya. Minyak kayu putih memiliki sifat antibakteri yang membantu menghilangkan bau pada sepatu. Selain itu, minyak kayu putih juga memberikan aroma yang harum.

5. Menggunakan Peppermint Oil

Sumber: