Mengenal 6 Manfaat Kaktus untuk Kesehatan dan Lingkungan

Mengenal 6 Manfaat Kaktus untuk Kesehatan dan Lingkungan

Tanamana Kaktus. Mengenal 6 Manfaat Kaktus untuk Kesehatan dan Lingkungan-Pexels-Tangkapan Layar via Pixabay

Radar Jabar - Kaktus adalah tumbuhan yang termasuk dalam famili Cactaceae. Mereka memiliki lebih dari 2000 varietas dengan berbagai warna dan bentuk, dan habitat alaminya adalah di gurun atau padang pasir.

 

Tumbuhan populer ini memiliki keunikan yaitu dapat hidup dan tumbuh tanpa air dalam waktu yang sangat lama, sehingga akan banyak ditemui di daerah kering seperti gurun atau padang pasir. Dikenal sebagai tumbuhan sukulen karena kemampuannya untuk menyimpan air dalam jaringannya, kaktus bisa hidup di kondisi lingkungan panas, kering, dan kurang air.

 

Selain itu, kaktus memiliki manfaat bagi kesehatan dan lingkungan. Berdasarkan berbagai sumber, inilah enam manfaat kaktus bagi kesehatan dan lingkungan.

 

1. Penyimpanan Air

Tanaman kaktus memiliki manfaat penting dalam penyimpanan air, baik bagi kesehatan maupun lingkungan. Kaktus telah mengadaptasi diri untuk menyimpan air, sehingga dapat bertahan hidup di lingkungan yang kering.

 

BACA JUGA:9 Tanaman Hias yang Bisa Jadi Pengharum Ruangan! Menyegarkan Udara dengan Keindahan Menawan!

 

Hal ini bermanfaat dalam meningkatkan kelembapan di dalam rumah, menetralkan kekeringan yang disebabkan oleh sistem pemanas atau pendingin. Lalu juga membantu menghilangkan racun dan polutan dari udara, sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan membantu mencegah masalah pernapasan.

 

Selain itu, kaktus juga dapat digunakan untuk menyimpan cadangan air, yang bermanfaat dalam situasi kekeringan.

Sumber: