Tips Menyajikan Makanan agar Menarik bagi Anak-Anak

Tips Menyajikan Makanan agar Menarik bagi Anak-Anak

ilustrasi makanan anak--shutterstock

Radar Jabar - Memasak dan menyajikan makanan untuk anak-anak bukan hanya soal nutrisi, tetapi juga seberapa menarik tampilan makanan tersebut. anak-anak cenderung lebih tertarik untuk mencoba makanan yang terlihat menyenangkan dan berwarna-warni.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat hidangan Anda menjadi daya tarik visual bagi anak-anak:

  1. Warna-Warni yang Menyala

    Anak-anak cenderung tertarik pada makanan yang penuh warna. Gunakan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan untuk menambahkan warna-warni pada hidangan. Campuran warna yang kontras dapat menciptakan efek visual yang menggugah selera.

BACA JUGA:Harus Tahu dan Jangan Diberi, Ini 14 Makanan yang Berbahaya untuk Kucing

  1. Bentuk-Bentuk Lucu

    Kreativitas dalam membentuk makanan dapat membuatnya lebih menarik. Gunakan cetakan khusus atau sederhana seperti potongan-potongan wortel menjadi bintang atau potongan buah menjadi bentuk hati. Anak-anak akan lebih tertarik untuk menyantap makanan yang memiliki bentuk-bentuk lucu dan imajinatif.

  2. Gabungan Textur 

    Variasi tekstur dalam satu hidangan dapat membuat pengalaman makan lebih menarik. Campurkan bahan-bahan yang memiliki tekstur berbeda, seperti renyah, kenyal, atau lembut. Misalnya, tambahkan kacang-kacangan panggang ke dalam salad buah untuk memberikan sentuhan renyah.

  3. Hidangan Berlapis

    Susun makanan dalam lapisan-lapisan menarik untuk menciptakan presentasi yang lebih menarik. Contohnya, susun yogurt, granola, dan buah-buahan dalam lapisan di dalam gelas kaca. Lapisan-lapisan ini tidak hanya menarik secara visual tetapi juga memberikan variasi rasa.

  4. Tata Letak Kreatif di Piring

    Cara penyajian makanan juga memainkan peran penting dalam daya tarik visual. Susun makanan dengan tata letak yang kreatif di piring. Misalnya, susun potongan buah-buahan menjadi wajah tersenyum atau gunakan saus untuk membuat gambar-gambar yang simpel.

BACA JUGA:7 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Sakit Gigi: Tetap Sehat Meskipun Tidak Nyaman

  1. Sumber: