10 Hewan Langka yang Hanya Bisa Ditemukan di Indonesia

10 Hewan Langka yang Hanya Bisa Ditemukan di Indonesia

10 Hewan Langka yang Hanya Bisa Ditemukan di Indonesia-Orangutan ilustrasi untuk 10 Hewan Langka yang Hanya Bisa Ditemukan di Indonesia-Pixabay/shekuSheriff

Radar Jabar – Bukan hanya soal kuliner atau wisata saja sebagai salah satu kekayaan yang ada di Indonesia. Negara tuan rumah Piala Dunia U-17 tersebut pun kaya akan fauna, dengan beragam jenis hewan tersedia.

 

Bahkan banyak hewan langka yang hanya bisa kita jumpa di Indonesia bukan negara di bagian dunia lain. Hewan-hewan langka tersebut mulai dari gajah hingga jenis burung.

 

Berikut 10 hewan langka yang hanya bisa ditemukan di Indonesia seperti dilansir dari IDN Times.

 

1. Gajah Sumatera

Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) merupakan hewan herbivora berukuran besar yang hanya bisa ditemui di Indonesia, khususnya di Pulau Sumatera. Populasinya sangat terancam, dengan perkiraan hanya tersisa sekitar 2000 hingga 2700 ekor di alam liar.

 

Gajah Sumatera hidup di hutan-hutan dataran rendah dan hampir punah akibat berkurangnya habitat akibat deforestasi dan pembunuhan.

 

BACA JUGA:Fakta Menarik Penyu yang Lucu

 

2. Badak Jawa

Badak Jawa adalah hewan langka yang hanya ditemukan di Indonesia, lebih spesifiknya di Taman Nasional Ujung Kulon. Badak ini adalah mamalia besar paling langka di dunia.

 

Badak Jawa memiliki panjang 3,1–3,2 m dan tinggi 1,4–1,7 m. Ukuran culanya biasanya lebih sedikit daripada 20 cm. Konservasi badak Jawa sangat penting untuk menjaga keberlangsungan spesies ini, yang merupakan salah satu mamalia besar yang terancam punah di Indonesia

 

3. Elang Jawa

Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) adalah sebuah spesies elang berukuran sedang yang endemik di Pulau Jawa. Elang jawa merupakan simbolisasi lambang Negara Republik Indonesia (Burung Garuda) sejak 1950 yang dilakukan berdasarkan Keppres Nomor 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional.

 

Elang jawa biasanya ditemukan di hutan dan lereng pegunungan Pulau Jawa. Namun, populasi mereka semakin berkurang.

 

4. Harimau Sumatra

Harimau Sumatra adalah hewan langka yang hanya bisa ditemukan di Indonesia, khususnya di pulau Sumatra. Ia merupakan subspesies harimau sunda yang terancam punah karena hilangnya habitat asli secara tak terkendali, seperti pembukaan hutan untuk lahan pertanian dan perkebunan serta aktivitas pembalakan.

 

Populasi Harimau Sumatra terus mengalami penurunan, sehingga diperlukan upaya pelestarian melalui konservasi habitat, penegakan hukum. Ini untuk mengatasi perburuan ilegal dan perdagangan satwa liar, program pendidikan dan kesadaran masyarakat, riset dan pemantauan, serta konservasi habitat.

 

BACA JUGA:Fakta Menarik Ikan Dori

 

5. Orangutan

Orangutan adalah hewan langka yang hanya bisa ditemui di Indonesia. Terdapat dua spesies orangutan di Indonesia, yaitu orangutan Borneo dan orangutan Sumatra. Orangutan Borneo dapat ditemui di Pulau Kalimantan, sementara orangutan Sumatra hanya dapat ditemui di bagian utara Pulau Sumatra.

 

Keduanya termasuk dalam keluarga yang rentan punah dan dilindungi secara hukum. Populasi orangutan terus mengalami penurunan akibat hilangnya habitat dan perburuan illegal.

 

6. Komodo

Komodo adalah hewan langka yang hanya bisa ditemui di Indonesia, tepatnya Pulau Komodo. Menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN), komodo, spesies kadal endemik di Indonesia, telah ditetapkan sebagai fauna terancam punah.

 

Komodo juga menjadi kebanggaan dan satwa nasional Indonesia. Ancaman terhadap keberadaan komodo termasuk perubahan iklim dan interaksi dengan manusia.

 

7. Lumba-lamba pesut mahakam

Pesut Mahakam adalah sejenis lumba-lumba air tawar yang hanya dapat ditemui di Indonesia, khususnya di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Satwa ini merupakan satu-satunya jenis lumba-lumba yang ditemukan hidup di perairan tawar, dengan daerah sebaran yang sangat terbatas.

 

Pesut Mahakam, atau Orcaella brevirostris, memiliki kepala berbentuk bulat, sirip punggung kecil, dan tidak memiliki moncong seperti lumba-lumba lain.

 

8. Burung Cendrawasih

Burung Cendrawasih adalah sekelompok burung yang terkenal karena kecantikan dan keunikan bulu mereka. Mereka termasuk dalam keluarga Paradisaeidae dan sebagian besar ditemukan di wilayah Papua Nugini dan Pulau Papua, bagian Indonesia.

 

BACA JUGA:12 Hewan dengan Kemampuan Berkamuflase yang Luar Biasa! Mampu Mengelabui Musuh dengan Apik!

 

Sebagian besar dari burung yang juga dikenal sebagai burung paradis itu bersifat endemic. Artinya mereka hanya dapat ditemukan di wilayah tertentu.

 

9. Maleo

Maleo adalah hewan langka yang hanya bisa ditemukan di Indonesia, tepatnya di pulau Sulawesi dan Maluku. Burung satu ini adalah hewan endemik Sulawesi.

 

Maleo adalah burung gosong berukuran sedang, dengan panjang sekitar 55 cm, dan merupakan satu-satunya burung di dunia yang memiliki telur yang menetas di dalam tanah.

 

10. Babirusa

Babirusa adalah hewan endemik Indonesia yang hanya dapat ditemui di beberapa wilayah di Indonesia. Sebut saja Pulau Sulawesi, Kepulauan Togean, Pulau Buru, Mangole, dan Taliabu.

 

Mereka banyak ditemui di hutan hujan tropis dan gemar melahap buah-buahan, tumbuhan, mangga, jamur, dan dedaunan. Babirusa hidup secara berkelompok, dengan jumlah sekitar 8 individu per kelompok.

Sumber: