7 Negara yang Tidak Ada Masjid di Wilayahnya Meski Ada Penduduk Muslim

7 Negara yang Tidak Ada Masjid di Wilayahnya Meski Ada Penduduk Muslim

Negara yang Tidak Ada Masjid di Wilayahnya-Ilustrasi/Slovakia/Pixabay-

RADAR JABAR - Masjid merupakan bangunan penting bagi umat Muslim, berfungsi sebagai tempat pelaksanaan ibadah. Ternyata ada 7 negara yang tidak ada masjid di wilayahnya meskipun terdapat penduduk muslim.

Selain digunakan untuk salat, masjid juga sering dijadikan tempat untuk memperdalam ilmu agama. Keberadaan masjid memiliki signifikansi besar bagi umat Muslim di suatu wilayah atau negara.

Berbeda dengan Indonesia, di mana masjid tersebar luas di semua wilayah dengan total 741.991 masjid dan mushola, ada negara-negara lain di dunia yang tidak memiliki satupun masjid.

Hal ini dapat disebabkan oleh populasi Muslim yang sedikit, kebijakan pemerintahan yang melarang pembangunan masjid, atau karena Islam tidak diakui sebagai agama resmi karena mayoritas penduduknya non-Muslim.

7 Negara yang Tidak Ada Masjid

Berikut adalah 7 negara yang tidak memiliki masjid di wilayahnya, meskipun terdapat sebagian kecil penduduk yang beragama Islam.

1. Slowakia

Slowakia adalah negara pegunungan yang terkurung daratan di Eropa Tengah, berbatasan dengan Polandia, Hungaria, Ukraina, Austria, dan Republik Ceko. Meskipun Islam merupakan minoritas di Slowakia dengan jumlah 5.458.000 jiwa, hanya 0,1% atau sekitar 5.000 jiwa yang beragama Muslim.

BACA JUGA:10 Negara Termiskin di Asia Pada 2024

Namun, Islam dihapus dari daftar agama resmi Slowakia karena sikap negara ini yang menentang imigran, terutama dari Timur Tengah. Slowakia memiliki hukum paling ketat terhadap agama Islam, bahkan memiliki undang-undang yang menyatakan bahwa Islam tidak diakui sebagai agama resmi. Sikap anti-Islam dan anti-masjid membuat Slowakia menjadi satu-satunya negara Uni Eropa yang tidak memiliki masjid.

2. Monaco

Monaco, yang dikenal sebagai surga pajak bagi orang kaya, juga terkenal dengan pariwisata, kasino, pantai mewah, dan acara balap mobil seperti Grand Prix Monaco. Meskipun menjadi negara terkecil di dunia, Monaco adalah negara kota berdaulat di Eropa Barat.

Agama resmi di Monaco adalah Katolik Roma, dengan 5 gereja Paroki Katolik Roma dan 1 Katedral. Umat Kristen membentuk mayoritas (83,2%) penduduk, sementara umat Islam hanya sebagian kecil. Muslim di Monaco harus melakukan ibadah di tempat masing-masing, dan jika ingin shalat di masjid, mereka harus keluar wilayah Monaco, negara terdekatnya adalah Prancis.

3. Uruguay

Uruguay adalah negara di Tenggara Amerika Selatan yang tidak memiliki masjid, bahkan mushola kecil pun tidak dapat ditemukan di sana. Terletak di bagian utara yang berbatasan dengan Rio Grande do Sul, Brazil, di barat berbatasan dengan Sungai Uruguay, di barat daya berbatasan dengan Muara Rio de la Plata dan Argentina, serta di bagian selatan berbatasan dengan Samudra Atlantik.

Selain kurangnya fasilitas ibadah Islam, Uruguay juga dikenal tidak memiliki penduduk Muslim, sehingga agama Islam tidak dikenal secara signifikan di sana.

Meskipun demikian, pihak Kedutaan Mesir di ibu kota negara Uruguay, Montevideo, menyediakan ruangan untuk salat Jumat. Tempat ibadah ini terletak di dalam area kedutaan Mesir, menjadi satu-satunya alternatif untuk umat Muslim yang ingin melaksanakan salat berjamaah di Uruguay.

4. Vatikan

Vatikan, negara terkecil di dunia dengan luas wilayah 0,49 km2, tidak memiliki masjid. Selain ukurannya yang sangat kecil, mayoritas penduduknya adalah penganut Katolik.

Sumber: