Niat Puasa Rajab dan Qadha Ramadhan, Bolehkah Digabung? Ini Hukumnya

Niat Puasa Rajab dan Qadha Ramadhan, Bolehkah Digabung? Ini Hukumnya

Niat Puasa Rajab dan Qadha Ramadhan-Ilustrasi/Pix-

RADAR JABAR - Niat puasa Rajab 2024 dan qadha Ramadhan, hal ini merupakan praktik yang umum dilakukan oleh Muslim yang bertujuan untuk melunasi kewajiban berpuasa yang belum terpenuhi.

Puasa Qadha Ramadhan dapat dijalankan secara bersamaan dengan puasa sunnah, termasuk Puasa Rajab. Saat ini, umat Islam sudah memasuki Bulan Rajab 1445 H yang dimulai pada tanggal 13 Januari 2024.

Bulan Rajab dianggap sebagai salah satu dari empat bulan haram yang dihormati oleh Allah SWT bersama dengan Muharram, Dzulqa'dah, dan Dzulhijjah.

Bulan Rajab dianggap sebagai bulan mulia, dan seperti bulan-bulan lainnya, disarankan untuk diisi dengan amalan saleh seperti puasa sunnah dan sholat sunnah. Meskipun tidak ada hadits shahih yang secara spesifik membahas keutamaan puasa Rajab, anjuran untuk berpuasa Rajab didasarkan pada dalil anjuran berpuasa secara umum dan anjuran umum berpuasa di bulan-bulan mulia.

Ahmad Zarkasih, dalam bukunya "Rajab, Keutamaan dan Hukumnya," menjelaskan bahwa puasa Rajab adalah bentuk penghormatan terhadap bulan-bulan haram, di mana berpuasa di dalamnya menjadi suatu bentuk pemuliaan.

Berpuasa dan meningkatkan amalan ibadah di bulan haram adalah upaya untuk memanfaatkan waktu yang Allah sediakan dengan penuh pahala di dalamnya.

BACA JUGA:Ini Keistimewaan Ketika Kita Melakukan Puasa Arafah, Puasa Sebelum Melaksanakan Idul Adha

Puasa Rajab juga diisyaratkan karena terdapat riwayat yang secara eksplisit mensyaratkan hal tersebut, sebagaimana disebutkan dalam musnad Imam Ahmad, Imam Abu Daud, dan Imam Ibnu Majah.

Niat Puasa Rajab

Lalu, adakah niat puasa Rajab sekaligus qadha Ramadhan? Berikut ini niat puasa di bulan Rajab:

Nawaitu shauma ghadin 'an adâ'i sunnati Rajaba lillâhi ta'âlâ.

Artinya: "Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT."

Niat Puasa Qadha

Niat Puasa Qadha Ramadhan:

Nawaitu Shauma Ghadin 'An Qadha'I Fardi Ramadhana Lillaahi Ta'Ala.

Artinya : Saya niat berpuasa besok dari mengqadha' fardu ramadhan Lillaahi Ta'ala.

Sumber: