Unik Banget! 5 Hewan Ini Bisa Tidur Sambil Berdiri

Unik Banget! 5 Hewan Ini Bisa Tidur Sambil Berdiri

Unik Banget! 5 Hewan Ini Bisa Tidur Sambil Berdiri-Bison salah satu hewan yang bisa tidur sembari berdiri-Pixabay

Radar Jabar – Hewan memang merupakan salah satu makhluk hidup yang sangat unik. Banyak hal menarik dari kehidupan mereka mulai dari cara hidup, memenuhi kebutuhan makan, hingga tentang perkawinannya.

 

Terkait pola hidupnya pun tidak kalah menarik. Salah satu contohnya saja hewan yang tidur dengan mata terbuka seperti ular atau pinguin.

 

Namun tidak hanya itu sebab ada beberapa hewan ternyata bisa tidur dalam posisi berdiri. Melansir dari IDN Times, berikut lima hewan yang bisa tidur sambil berdiri.

 

1. Kuda

Kuda bisa tidur sambil berdiri karena mereka memiliki mekanisme fisiologis khusus yang memungkinkan hal ini. Mereka memiliki sesuatu yang disebut "stay apparatus" yang memungkinkan mereka untuk tetap berdiri tanpa harus menegang otot-otot mereka secara aktif.

 

BACA JUGA:Fakta Menarik tentang Banteng Afrika yang Penuh Kekuatan

 

Selain itu, tidur sambil berdiri membantu mereka untuk tetap waspada terhadap ancaman predator dan memungkinkan mereka untuk segera melarikan diri jika diperlukan. Meskipun kuda dapat tidur sambil berdiri, mereka masih membutuhkan tidur dalam posisi berbaring untuk mencapai tidur REM (Rapid Eye Movement) yang penting untuk pemulihan tubuh dan otak.

 

Oleh karena itu, kuda perlu merasa nyaman dan aman sebelum mereka akan berbaring.

 

2. Bison

Sumber: