7 Tanaman Herbal yang Membantu Redakan Sakit Gigi

7 Tanaman Herbal yang Membantu Redakan Sakit Gigi

Chamomile --Istimewa

RADAR JABAR - Sakit gigi adalah masalah kesehatan oral yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan dalam kegiatan sehari-hari.

Meskipun konsultasi dengan dokter gigi adalah langkah utama yang dianjurkan, beberapa tanaman herbal telah lama dikenal memiliki sifat pengobatan yang dapat membantu meredakan gejala sakit gigi.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa tanaman herbal yang dikenal efektif dalam mengurangi sakit gigi.

 

1. Cengkeh

Cengkeh bukan hanya bumbu dapur yang harum, tetapi juga tanaman herbal yang memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi.

Minyak cengkeh mengandung senyawa eugenol yang dapat membantu meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan pada area gigi yang terkena.

Anda dapat menggunakan minyak cengkeh dengan cara mengoleskannya secara langsung ke area yang sakit gigi atau membuat obat kumur dengan mencampurkan beberapa tetes minyak cengkeh dalam air hangat.

 

2. Lidah Buaya 

Lidah buaya sudah lama dikenal sebagai tanaman penyembuh alami. Gel lidah buaya yang diambil dari daunnya mengandung berbagai senyawa antiinflamasi dan antiseptik yang dapat membantu meredakan rasa sakit pada gigi dan gusi.

Cukup ambil gel lidah buaya segar dan oleskan secara langsung ke area yang sakit gigi untuk mendapatkan manfaat maksimal.

 

BACA JUGA:Meredakan Sakit Gigi dengan Air Garam, Mitos atau Fakta?

 

3. Kunyit 

Kunyit, dengan senyawa aktifnya yang disebut kurkumin, dikenal memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Penggunaan kunyit dapat membantu meredakan peradangan pada gigi dan gusi yang menyebabkan sakit gigi.

 Anda dapat membuat pasta kunyit dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan sedikit air dan mengoleskannya pada gigi yang terkena. Selain itu, meminum teh kunyit hangat juga dapat memberikan efek meredakan.

 

4. Daun Jambu Biji 

Jambu biji memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri penyebab infeksi gigi. Mengunyah daun jambu biji secara langsung atau membuat rebusan daun jambu biji untuk berkumur dapat membantu membersihkan area mulut dan meredakan rasa sakit. Daun jambu biji juga dapat membantu mengurangi pembengkakan pada gusi.

 

5. Peppermint 

Minyak mint yang terdapat dalam tanaman peppermint dapat memberikan efek pembiusan alami pada area yang sakit gigi. Anda dapat mengoleskan minyak peppermint yang telah dicampur dengan minyak kelapa pada gusi yang bermasalah.

Selain itu, membuat teh peppermint dan berkumur dengan air rebusannya juga dapat memberikan sensasi dingin yang membantu meredakan sakit gigi.

 

BACA JUGA:10 Sayuran yang Ajaib untuk Kecantikan Kulit

Sumber: