Termasuk Indonesia? Berikut 10 Daftar Mata Uang Terendah di Dunia

Termasuk Indonesia? Berikut 10 Daftar Mata Uang Terendah di Dunia

Termasuk Indonesia Berikut 10 Daftar Mata Uang Terendah di Dunia-0 Daftar Mata Uang Terendah di Dunia-Freepik

RADAR JABAR - Apakah Anda mengetahui mata uang dengan nilai terendah di dunia? Saat ini, dolar Amerika Serikat masih menjadi acuan utama untuk menilai nilai tukar mata uang negara lain.

Nilai tukar mata uang terendah di dunia dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari kondisi ekonomi negara, hingga permintaan dan penawaran untuk mata uang tersebut. Semakin tinggi permintaannya, maka peluang mata uang tersebut memiliki nilai yang lebih tinggi.

Berbagai faktor, termasuk kondisi ekonomi, inflasi, dan penawaran mata uang, memengaruhi nilai tukar dari mata uang terendah di dunia. Hingga saat ini, Dolar Amerika Serikat (AS) tetap menjadi salah satu mata uang terkuat dan menjadi acuan bagi nilai tukar mata uang lainnya.

Oleh karena itu, posisi nilai tukar mata uang selalu berfluktuasi dalam kurun waktu tertentu. Menurut Refinitiv, penyedia data pasar finansial dan infrastruktur global, sekitar enam mata uang melemah terhadap Dolar AS hingga mencapai 40% sepanjang tahun 2023.

 

Berikut adalah 10 Mata Uang Terendah di Dunia per Desember 2023:

 

1.    Rial Iran (IRR), Nilai tukar 1 US$ setara dengan 42.450 IRR.

Rial Iran menjadi mata uang dengan nilai tukar paling rendah di dunia karena berbagai masalah ekonomi dan sanksi ekonomi yang diberlakukan.

 

BACA JUGA:Daftar 10 Mata Uang Tertinggi di Dunia, Apakah Rupiah Masuk?

 

2.    Dong Vietnam (VND), Nilai tukar 1 US$ setara dengan 24.230 VND.

Vietnam menghadapi kesulitan ekonomi yang menyebabkan devaluasi mata uangnya.

3.    Franc Guinea (GNF), Nilai tukar 1 US$ setara dengan 8.602 GNF.

Sumber: