Begini Alasan Grace Natalie Hampiri Moderator Saat Jeda Debat Capres

Begini Alasan Grace Natalie Hampiri Moderator Saat Jeda Debat Capres

Alasan Grace Natalie Hampiri Moderator Saat Jeda Debat Capres-Ist-

RADAR JABAR - Juru bicara Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Billy David Nerotumilena, menyayangkan perilaku Grace Natalie yang mendekati moderator selama jeda debat Capres. Menurutnya, perilaku tersebut dianggap tidak pantas karena dapat mempengaruhi opini publik.

"Kami merujuk kepada 2 hal, yang pertama pernyataan dari karena itu mbak-mbak dari PSI dan sebenarnya tindakan enggak perlu mbak Isyana dan mbak Grace datang meskipun itu konteksnya tentang protes terhadap teknis atau yang terjadi saat itu, tentu sebuah ketidakpatutan," kata Billy, Selasa 9 Januari 2024.

Dia menyatakan bahwa tindakan Grace Natalie dapat menyebabkan masyarakat beranggapan bahwa apa yang dilakukannya merupakan campur tangan atau penyelipan pertanyaan terkait debat Pilpres.

"Kedua bisa menggiring opini bagaimana keberpihakan karena kan itu bisa diasumsikan sebagai intervensi diasumsikan sebagai nitip pertanyaan kek atau diskusi-diskusi yang lain yang terkait itu," lanjutnya.

BACA JUGA:FMB Deklarasikan Anies-Grace Natalie Sebagai Capres-Cawapres 2024

Dalam merespons alasan Grace mendekati moderator, Billy menyatakan bahwa hal tersebut seharusnya dilakukan pada fase evaluasi setelah debat. Dia juga mengekspresikan kekecewaannya terhadap tindakan Grace tersebut.

"Kita berangkat dari pernyataan Mbak Grace yang menyatakan bahwa itu tentang protes bahwa ada pendukung yang mengganggu konsentrasi Paslon ya. Kalau kita berangkat dari praduga baik itu, tentu kita menghormati. Tapi tentu patutnya itu dilakukan di tahapan evaluasi setelah debat bukan saat debat berlangsung dan itu kita sesalkan juga," tuturnya.

Walaupun begitu, terkait masalah tersebut, ia sepenuhnya menyerahkan kasus tersebut kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Jadi KPU pun sudah statment nggak patut dilakukan di lokasi debat dan kita menghormati dan pasti evaluasi juga. Kita akan sampaikan dan nanti kita tinggal akan tunggu aja apa yang akan tempuh oleh masing-masing paslon atau diputuskan oleh KPU," tambahnya.

Klarifikasi Alasan Grace Hampiri Moderator

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Grace Natalie, menjelaskan alasannya mendatangi moderator selama jeda iklan pada debat ketiga Pilpres 2024.

Selain menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace menyatakan bahwa kunjungannya bertujuan untuk menanyakan aturan terkait perilaku para pendukung yang hadir di lokasi debat.

Hal ini disebabkan oleh adanya satu pendukung yang terlihat mengacungkan jari tanda paslon yang didukung setiap kali capres berbicara.

Lokasi pendukung tersebut berada di belakang moderator, sehingga terlihat secara langsung oleh capres yang sedang berbicara.

Sumber: