Ini 5 Penyabab Munculnya Karang Gigi dan Cara Mengatasinya

Ini 5 Penyabab Munculnya Karang Gigi dan Cara Mengatasinya

Ini 5 Penyabab Munculnya Karang Gigi dan Cara Mengatasinya--Sumber gambar: freepik.com

RADAR JABAR - Karang gigi atau plak gigi adalah lapisan lunak yang terbentuk di permukaan gigi akibat penumpukan bakteri, saliva, dan sisa makanan.

Karang gigi dapat menjadi sumber masalah kesehatan mulut, termasuk pembentukan karies gigi dan penyakit gusi.

Agar kita dapat memahami cara mencegahnya, penting untuk mengetahui penyebab munculnya karang gigi.

 

Berikut adalah 5 penyebab munculnya karang gigi dan cara mengatasinya:

 

1. Kebersihan Mulut yang Kurang

Salah satu penyebab utama munculnya karang gigi adalah kebersihan mulut yang kurang. Jika kita tidak membersihkan gigi secara teratur dan benar, sisa-sisa makanan akan menumpuk di sekitar gigi dan gusi, menjadi tempat ideal bagi bakteri untuk berkembang biak.

Plak gigi akan terbentuk dari pengerasan bakteri dan sisa-sisa makanan, menjadi karang gigi jika tidak segera diatasi.

Rutin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride, menggunakan benang gigi untuk membersihkan area di antara gigi, dan berkumur dengan obat kumur antiseptik dapat membantu menjaga kebersihan mulut.

 

BACA JUGA: 8 Penyebab Utama Gigi Kuning Meski Rajin Sikat Gigi, Cek Penjelasannya!

 

2. Konsumsi Makanan dan Minuman Bersugar

Makanan dan minuman yang tinggi gula dapat menjadi pemicu pertumbuhan bakteri penyebab karang gigi. Bakteri ini mengonsumsi gula dan menghasilkan asam yang dapat merusak lapisan gigi, membentuk plak, dan akhirnya menjadi karang gigi.

Mengurangi konsumsi makanan dan minuman bersugar, serta menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan manis, dapat membantu mengurangi risiko terbentuknya karang gigi.

3. Kurangnya Air Liur

Air liur memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan mulut. Air liur membantu membersihkan sisa-sisa makanan, bakteri, dan plak gigi. Jika produksi air liur berkurang, risiko terbentuknya karang gigi akan meningkat.

Sumber: